Pengaruh sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Aditya Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Aditya Anggara

Anggara, Aditya (2010) Pengaruh sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Aditya Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggara Aditya. 2009. Pengaruh Sabun Aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) terhadap Viskositas Pelumas. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutrisno M. Si. (II) Drs. Sumari M. Si. Kata kunci sabun aluminium viskositas pelumas jarak kepyar Sabun aluminium merupakan salah satu jenis sabun yang telah dikembangkan dan memiliki fungsi yang berbeda dengan sabun alkali. Salah satu sabun aluminium yang telah berhasil disintesis adalah sabun aluminium dari minyak jarak kepyar dengan aluminium sulfat yang selanjutnya disebut sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3). Uji potensi aluminium oleat dan sterat untuk memperkecil penurunan viskositas akibat kenaikan temperatur pada pelumas motor bensin dan disel telah berhasil dilakukan. Berdasarkan keberhasilan uji potensi aluminium oleat dan stearat serta keberhasilan sintesis sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) maka perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan sabun sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas mentah produksi PT Pertamina UP IV Cilacap Indonesia dan perubahan viskositasnya akibat kenaikan temperatur. Penelitian ini merupakan surpai laboratoris yang dilakukan secara eksperimen di laboratorium. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu (1) uji kelarutan sabun aluminium dalam pelumas mentah (2) pengukuran densitas pelumas (3) pengukuran viskositas pelumas (4) penentuan viskositas kinematik (5) analisis data perubahan viskositas pelumas akibat kenaikan temperatur dengan menggunakan empat tinjauan yaitu berdasarkan grafik viskositas kinematik (cSt) terhadap temperatur (0C) koefisien temperatur viskositas (VTC Viscosity Temperature Coefficient) persamaan Walther dan angka viskositas (VN Viscosity Number). Hasil uji kelarutan sabun aluminium dalam pelumas mentah menunjukkan kelarutan maksimum sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) dalam pelumas mentah adalah pada konsentrasi 0 25%. Penambahan sabun aluminium ini dapat meningkatkan performa pelumas serta dapat meningkatkan angka kekentalan pelumas baik SAE maupun ISO yaitu angka kekentalan SAE dari 30 menjadi 50 dan angka kekentalan ISO dari 100 menjadi 150. Penambahan sabun aluminium (Ric Oil-Al2(SO4)3) pada pelumas dapat memperkecil penurunan viskositas akibat kenaikan temperatur ditinjau berdasarkan empat tinjauan yaitu (1) penurunan kurva pada grafik viskositas kinematik terhadap temperatur yang semakin kecil seiring dengan bertambahnya konsentrasi sabun aluminium (2) penurunan nilai koefisien temperatur viskositas pelumas (3) gradien dari grafik persamaan Walther yang semakin kecil (4) angka viskositas pelumas yang semakin naik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24313

Actions (login required)

View Item View Item