Pengembangan media pembelajaran audio visual mata pelajaran biologi kelas VIII semester II di SMPN 15 Malang / Maulana Andri Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran audio visual mata pelajaran biologi kelas VIII semester II di SMPN 15 Malang / Maulana Andri Firmansyah

Firmansyah, Maulana Andri (2011) Pengembangan media pembelajaran audio visual mata pelajaran biologi kelas VIII semester II di SMPN 15 Malang / Maulana Andri Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media pembelajaran audio visual Biologi. Media audio visual merupakan gabungan antara suara dan rupa sehingga terbentuk media video. Media audio visual adalah merupakan media atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan keterampilan atau sikap. SMPN 15 Malang sekolah yang akan dilaksanakannya pengembangan ini merupakan sekolah yang sistem pembelajarannya optimal terbukti dengan hasil belajar siswa yang memuaskan. Sekolah ini bukannya tidak memiliki permasalahan dalam proses pembelajaran menurut observasi yang dilakukan pembelajaran dikelas pada mata pelajaran biologi dengan materi Reaksi Fotosintesis Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Vertebrata Sistem Transportasi Pada Manusia Bagian-bagian Bunga. Guru menyampaikan materi dengan metode ceramah ini membuat siswa salah persepsi mengenai materi yang ada dalam pembelajaran karena materi prosedural yang mengenai sebuah proses butuh penjelasan secara detail. Adapun dengan media gambar yang terdapat dalam buku gambar tidak dapat menunujukan secara detail proses awal sampai akhir dari materi pembelajaran tersebut dengan itu hasil belajar siswa banyak yang dibawah standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah. Materi Reaksi Fotosintesis Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Vertebrata Sistem Transportasi Pada Manusia Bagian-bagian Bunga merupakan materi yang membutuhkan media gerak untuk dijelaskan dalam pembelajaran semua terkait dengan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dalam materi tersebut. Dengan itu pembelajaran ini memerlukan media audio visual karena media audio visual merupakan media yang dapat menampilkan sebuah proses dan terdapat suara untuk menjelaskan proses tersebut. Adapun tujuan pengembangan adalah menghasilkan media pembelajaran audio visual yang teruji kevalidannya serta lebih efektif dalam membantu guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelas dengan membuat siswa fokus memperhatikan penjelasan materi melalui media tersebut. Media pembelajaran audio visual ini dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan Sadiman yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi (4) mengembangkan alat pengukuran keberhasilan (5) penulisan naskah (6) produksi (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) uji coba (9) revisi. (10) produk siap dimanfaatkan ii Pengembangan media pembelajaran audio visual ini dikembangkan di SMPN 15 Malang pada kelas VIII semester II mata pelajaran biologi dengan materi Reaksi Fotosintesis Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Vertebrata Sistem Transportasi Pada Manusia Bagian-bagian Bunga. Pengambilan data pada pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Kualitatif meliputi hasil validasi ahli media ahli materi dan audien (siswa) adapun hasil validasi tersebut adalah ahli media dengan persentase 82 5 % ahli materi dengan persentase 80% dan audien (siswa) dengan persentase 82 4%. Sedangkan data kuantitatif meliputi hasil pre test dan post test adapun hasil pre test dalam persentase 44 1% dan hasil post test dalam persentase 64 6%. Berdasarkan hasil data kualitatif diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual di SMPN 15 Malang dapat dikatagorikan layak dipergunakan dalam proses pembelajaran di kelas khususnya kelas VIII semester II mata pelajaran biologi dengan materi Reaksi Fotosintesis Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Vertebrata Sistem Transportasi Pada Manusia Bagian-bagian Bunga. Sedangkan menurut data kuantitatif diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual ini dapat dikatakan efektif karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pengembangan disini mengalami sedikit kendala dalam melaksanakan pengembangan media audio visual yakni tampilan media audio visual banyak mengalami revisi dan pemanfaatan media kurang maksimal dalam pembelajaran. Pengembang menyarankan bagi pengembang selanjutnya lebih mengkaji lagi pemilihan materi pemilihan software untuk mengembangkan media audio visual berikutnya dan mampu memberikan tampilan media audio visual lebih layak dan sesuai dengan materi pembelajaran. Bagi guru sebelum menampilkan media audio visual harus memperhatikan petunjuk pemanfaatan dengan seksama. Seterusnya bagi siswa agar media pembelajaran audio visual ini dapat menjadi salah satu variasi proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item