Pengembangan buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa / Amna Riskya

Riskya, Amna (2019) Pengembangan buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa / Amna Riskya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Riskya, Amna.2018. Pengembangan Buku Panduan Permainan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa.Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A. dan (II) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd Kata kunci: Keterampilan komunikasi interpersonal, permainan kelompok, buku panduan Banyak kasus siswa mengalami masalah komunikasi salah satu cara untuk membantu mereka ialah dengan permainan kelompok, namun demikian konselor mengalami kesulitan karena itu mereka memerlukan buku panduan sehingga penelitian ini menghasilkan buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang diadaptasi dari model Borg and Gall (1983). Kesepuluh langkah model pengembangan Borg and Gall merupakan siklus yang saling berkaitan. Penelitian pengembangan buku panduan ini dilakukan sampai pada tahap menghasilkan produk akhir, yaitu berupa buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal yang sudah diuji kevalidanya pada ahli materi, media, dan calon pengguna produk serta uji lapangan terbatas pada kelompok kecil. Berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media, uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil secara keseluruhan memiliki keberterimaan sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan revisi hasil uji ahli, uji calon pengguna produk, dan uji kelompok kecil produk yang dihasilkan adalah buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal yang telah dibuktikan kebeterimaanya secara teoritis dan praktis. Penilaian dalam uji ahli mempunyai gradasi berupa skala 1-4, berdasarkan dari hasil uji ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh nilai rata-rata 3,8; hasil uji ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,9; hasil uji calon pengguna produk diperoleh nilai rata-rata 3,9; hasil uji kelompok kecil dengan penilaian pre test memperoleh nilai tertinggi 79 dan penilaian post test memperoleh nilai tertinggi yaitu 91, berdasarkan dari rentang skor jumlah hasil pengukuran diagram termasuk dalam R3 ( &#8805;60 sampai dengan <90 ) yaitu mempunyai tingkat keterampilan komunikasi yang tinggi. Dari perolehan penilaian ujicoba di atas menyatakan bahwa buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal adalah layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disarankan pada: (1) pihak sekolah hendaknya memberikan kebijakan yang membantu terlaksananya pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dengan teknik permainan kelompok, (2) bagi konselor harus memahami petunjuk penggunaan buku panduan dan langkah-langkah dalam memberikan bimbingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item