Kontribusi konformitas dan self-esteem terhadap agresi siswa kelas X di SMKN 5 Malang / Fajar Wahyu Prasetyo

Prasetyo, Fajar Wahyu (2019) Kontribusi konformitas dan self-esteem terhadap agresi siswa kelas X di SMKN 5 Malang / Fajar Wahyu Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Prasetyo, Fajar Wahyu. 2018. Kontribusi Konformitas dan Self-esteem terhadap Agresi Siswa Kelas X di SMKN 5 Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si., (II) Yuliati Hotifah, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci : Konformitas, Self-esteem, Agresi. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap agresi diantaranya konformitas dan self-esteem. Konformitas mempunyai hubungan positif dengan agresi. Sedangkan self-esteem mempunyai hubungan yang negatif terhadap agresi. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi efektif dan relatif variabel konformitas dan variabel self-esteem terhadap variabel agresi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksplanasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMKN 5 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 269 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala konformitas, self-esteem dan agresi. Setelah dilakukan uji validitas dihasilkan skala konformitas sebanyak 20 item, skala self-esteem sebanyak 30 item dan skala agresi sebanyak 25 item. Uji reliabilitas skala konformitas menunjukkan kategori cukup, sementara skala self-esteem dan skala agresi menunjukkan kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis sebaran variabel dan teknik analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan (1) 85% siswa kelas X di SMKN 5 Malang memiliki konformitas pada kategori sedang, (2) 74% siswa memiliki self-esteem pada kategori tinggi, dan (3) 76% siswa memiliki agresi pada kategori sedang. (4) kontribusi konformitas terhadap agresi sebesar 3%, dan (5) kontribusi self-esteem terhdap agresi sebesar 10,6%. (6) kontribusi konformitas dan self-esteem terhadap agresi sebesar 13,6% yang menunjukkan sangat sedikit kontribusinya terhadap agresi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) siswa SMKN 5 Malang bisa lebih selektif dalam memilih teman bergaul, mempertahankan sebagai pribadi yang mau terbuka terhadap kritik dan saran serta mampu menjadi pribadi yang tidak mudah terprovokasi (2) konselor sekolah diharapkan dapat memberikan layanan dalam aspek sosial dan kematangan emosional serta layanan dalam bidang bidang pribadi (3) peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperluas ruang lingkup penelitian seperti pola asuh orang tua, krisis identitas, dan dukungan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item