Hubungan stres dengan prestasi akademik siswa full day school di SMA Negeri 2 Batu / Marissa Zulvia Soffi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan stres dengan prestasi akademik siswa full day school di SMA Negeri 2 Batu / Marissa Zulvia Soffi

Soffi, Marissa Zulvia (2019) Hubungan stres dengan prestasi akademik siswa full day school di SMA Negeri 2 Batu / Marissa Zulvia Soffi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Soffi Marissa Zulvia 2019. Hubungan Stres dengan Prestasi Akademik Siswa Full Day School di SMA Negeri 02 Batu. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd (II) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata Kunci Stres prestasi akademik full day school Stres merupakan kondisi yang dirasakan akibat adanya tuntutan dalam diri dan lingkungan. Gejala stres dilihat dari empat segi yaitu gejala fisik emosional intelektual dan interpersonal. Perkembangan pendidikan di Indonesia telah memiliki kemajuan salah satunya dengan adanya program lima hari sekolah atau biasa disebut full day school. Program full day school merupakan model sekolah umum memadukan program pengajaran keagamaan secara intensif yaitu memberi waktu khusus untuk pembentukan karakter dan pendalaman keagamaan siswa. Hal ini dapat mempengaruhi prestasi akademik yang diperoleh siswa. Prestasi akademik yang diperoleh dalam perwujudan hasil belajar dapat berhasil jika dilakukan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menunjukkan hubungan antara stres dengan prestasi akademik siswa full day school di SMA Negeri 02 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 02 Batu. Jumlah sampel adalah 103 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner skala stress dan menggunakan nilai raport tengah semester I tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress siswa SMA Negeri 02 Batu sebagian besar dalam kategori sedang dengan persentase 57 3% prestasi akademik sebagian besar dalam kategori cukup dengan persentase 56 3%. Hasil uji hipotesis dengan nilai korelasi sebesar -0 224 dan nilai signifikansi 0 023 dengan p 0 05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara stres dengan prestasi akademik siswa SMA Negeri 02 Batu. Semakin tinggi tingkat stres siswa maka semakin rendah prestasi akademik yang didapatkan dan sebaliknya semakin rendah tingkat stres siswa maka semakin tinggi prestasi akademik yang didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pihak sekolah dapat meningkatkan lagi pencapaian tujuan sekolah dengan mengadakan evaluasi pelaksanaan sistem full day school agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang menyenangkan efektif dan efesien. Bagi konselor dapat memanfaatkan hasil penelitiansebagai bahan wawasan serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program bimbingan dan konseling. Bagi Peneliti Selanjutnya untuk dapat dijadikan sumber referensi di bidang penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item View Item