Keefektifan konseling kelompok rational emotif behavior untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian siswa SMA / Muhammad Hasbi Al Haikal

Al Haikal, Muhammad Hasbi (2018) Keefektifan konseling kelompok rational emotif behavior untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian siswa SMA / Muhammad Hasbi Al Haikal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haikal, Muh Hasbi. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok REB dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Adi Atmoko, M.Si (2) Prof. Dr. Hj Nur Hidayah, M.Pd Kata kunci : Kecemasan Menghadapi Ujian, Konseling Kelompok REB, Siswa SMA Kecemasan menghadapi merupakan salah satu hambatan akademik yang dialami oleh siswa dalam proses studinya. Siswa akan mengalami banyak kesulitan jika tidak dapat mengelola kecemasan yang muncul dengan baik. Kecemasan menghadapi ujian berkaitan erat dengan kekhawatiran yang berlebihan, pikiran intruktif, disorganisasi mental, ketegangan, gairah fisiologis bila terkena situasi evaluatif. Hal ini secara langsung berdampak pada prestasi akademik pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji coba pengentasan maslah kecemasan menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behavior (REB). Konseling kelompok Rational Emotif Behavior (REB) merupakan salah satu satu pendekatan konseling kelompok untuk mengentaskan kecemasan pada menghadapi ujian pada siswa SMA. Konsep dasar Konseling kelompok REB yang berfokus pada pengubahan pikiran irasional siswa dimaksudkan dapat menurunkan kecemasan dalam menghadapi ujian yang sebagian munul dari pikiran irasional yang dikembangkan siswa. Penelitian ini menggunakan penedekatan analisis data kuantitatif dan rancangan penelitian eksperimen semu (quasieksperimental research). Desain penelitian yang digunakan adalah time series design, dengan variasi interrupted time series design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik dengan uji beda wilcoxon. Penelitian ini membandingkan kecemasan menghadapi ujian sebelum dan sesudah diberikanya ttreatment kepada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah enam orang yang memiliki nilai skor pretest yang masuk dalam kategori sedang dan tinggi. Hasil penelitian melalui analisis statistik menunjukan nilai signifikasi 0,028 < 0,05 yang berarti konseling kelompok REB efektif untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian siswa di SMA Negeri 1 Malang. Pengukuran penilaian didasarkan hasil nilai rata-rata pre-test dan post test secara keseluruhan dengan penurunan skor 25 poin. Penelitian ini dilakukan pada enam subjek penelitian. Proses pemberian treatment menunjukan peserta konseling mnunjukan perubahan terbesar pada aspek kognitif/pikiran yang ditunjukan dari hasil form tolong diri yang digunakan sebagai salah satu instrumen oleh peneliti. Perubahan tersebut berkenaan dengan pikiran irasional yang berubah menjadi pikiran rasional serta rencana perbaikan dalam mengelola kecemasan yang dialami oleh peserta konseling. vi Aspek lain yang berkenaan dengan kecemasan menghadapi ujian seperti perilaku dan sikap juga mengalami perubahan ditunjukan dengan komitmen perubahan diri pada setiap sesi konseling dan laporan perkembangan kegiatan rumahan yang dibahas pada setiap sesi konseling. Penggunaan Konseling Kelompok REB dalam menurunkan kecemasan menghadapi ujian pada siswa terbukti efektif ditinjau dari hasil penelitian dan laporan konseling yang ada. Saran dalam pelaksanaan penelitian ini adalah peneliti perlu mengembangkan metode konseling, serta memperbaiki buku panduan eksperimen sehingga dapat digunakan dalam dunia konseling secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item