Pengembangan paket bimbingan dalam bentuk flipbook untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas V SDI Mohammad Hatta Malang / Andrian Dani Irawan

Irawan, Andrian Dani (2018) Pengembangan paket bimbingan dalam bentuk flipbook untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas V SDI Mohammad Hatta Malang / Andrian Dani Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Irawan, Andrian Dani. 2014. Pengembangan Paket Bimbingan dalam Bentuk Flip Book untuk Mengembangkan Konsep Diri Siswa Kelas V SDI Mohammad Hatta Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli, M.A., (II) Irene Maya Simon, M.Pd. Kata kunci: paket, bimbingan, Flip Book, konsep diri Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDI Mohammad Hatta Malang menunjukkan bahwa para siswa masih belum mengetahui konsep dirinya, kurang percaya diri, suka menyendiri, pesimis dalam mencapai tujuan, kurang mau berbaur dengan teman, bahkan ada yang lebih suka membentuk gank atau kelompokkelompok kecil. Belum adanya layanan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut, menyebabkan siswa belum mengetahui konsep dirinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan paket bimbingan untuk mengembangkan konsep diri siswa kelas V SDI Mohammad Hatta Malang yang memenuhi syarat ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan model Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang dilakukan adalah tahap persiapan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Penilaian dilakukan oleh ahli materi BK dan ahli media. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil pengembangan yang telah dihasilkan adalah paket bimbingan dalam bentuk flip book untuk mengembangkan konsep diri siswa kelas V SDI Mohammad Hatta yang berterima secara teoretis dan praktis dari segi ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Paket bimbingan yang dihasilkan terdiri dari tiga jenis, yaitu buku panduan untuk pengguna paket Bimbingan, software Flip Book untuk siswa, dan Lembar Kerja dan Refleksi Diri. Isi paket bimbingan dalam bentuk Flip Book untuk mengembangkan konsep diri yaitu mengenai materi-materi. Materi-materi tersebut adalah 1) Apa Sih Konsep Diri Itu?, 2) Serba Serbi Konsep Diri, dan 3) Kiat-kiat Mengembangkan Konsep Diri Berdasarkan hasil uji ahli materi BK, menunjukkan bahwa paket bimbingan konsep diri dilihat dari aspek kegunaan memiliki skor 3 dengan kriteria penilaian berguna, aspek kemudahan memiliki skor 3 dengan kriteria penilaian mudah, aspek ketepatan memiliki skor 2,9 dengan kriteria penilaian tepat, aspek kemenarikan memiliki skor 2,8 dengan kriteria menarik. Dari hasil penilaian ahli media pembelajaran bahwa paket ini dari aspek kegunaan memiliki skor 3,4, paket ini sangat berguna, aspek kemudahan paket memiliki skor 3,8 yang berarti paket memiliki karakteristik sangat mudah, aspek ketepatan paket ini memiliki skor 3,4 yang berarti paket ini memiliki karakteristik sangat tepat dan kemenarikan memiliki skor rata-rata 3 yang berarti paket ini memiliki penilaian menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diberikan adalah: (1) konselor sebagai pembimbing hendaknya menggunakan paket bimbingan hasil penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan untuk mengembangkan konsep diri siswa kelas V SDI Mohammad Hatta, (2) peneliti selanjutnya hendaknya menguji coba keefektifan paket bimbingan yang diteliti peneliti untuk mengembangkan konsep diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item