Pengembangan panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP / Farra Hanum Anindita

Anindita, Farra Hanum (2018) Pengembangan panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP / Farra Hanum Anindita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anindita Farra Hanum. 2018. Pengembangan Panduan Bimbingan dengan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henny Indreswari M. Pd. (II) Dra. Elia Flurentin M. Pd. Kata Kunci Menulis ekspresif Resiliensi Siswa SMP Masa remaja adalah salah satu masa ketika individu akan dihadapkan dengan persoalan. Ketika individu dihadapkan dengan persoalan ada yang mampu untuk melewati dan ada pula yang tidak mampu untuk melewatinya. Untuk dapat menghadapi persoalannya individu sangat membutuhkan resiliensi. Resiliensi akan membantu individu dalam menghadapi dan mengatasai situasi yang tidak nyaman baginya. Meningkatkan resiliensi individu dapat dilakukan dengan menggunakan teknik tertentu. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan resiliensi adalah menulis ekspresif. Menulis Ekspresif merupakan teknik menuliskan perasaan dan pikiran tentang emosi dan pengalaman individu. Penerapan teknik tidak terlepas dari media yang mendukung yang dapat digunakan dalam pemberian layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk buku panduan untuk konselor yang dapat membantu dalam memberikan layanan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa dalam menghadapi masalah yang berterima secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan kegunaan kemudahan kemenarikan. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari 10 langkah dalam metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah dan prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Tahap persiapan (2) Tahap pelaksanaan dan (3) Tahap validasi. Hasil penelitian menunjukan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan media menunjukan klasifikasi vailiditas sangat tinggi dengan indeks uji ahli sebesar 1 dan 0 99 penilaian calon pengguna produk menunjukan nilai indeks uji ahli sebesar 0 96 dengan klasifikasi validitas tinggi. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa produk buku panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP telah memenuhi kriteria keberterimaan. Disimpulkan bahwa pengembangan panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif layak untuk digunakan konselor. Saran penelitian untuk konselor sebagai pengguna produk benar-benar mempelajari dan memahami panduannya sebelum menggunakan atau mengaplikasikan kepada siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat dapat melakukan uji coba produk yang telah dikembangkan pada kelompok operasional untuk mengetahui efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item