Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Isnaeni Fitria Lina Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Isnaeni Fitria Lina Ningsih

Ningsih, Isnaeni Fitria Lina (2018) Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa kelas X di SMK Negeri 6 Malang / Isnaeni Fitria Lina Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Ningsih Isnaeni F. L. 2018. Hubungan Pola asuh Orang Tua Dengan Perilaku Membolos Siswa Kelas X di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henny Indreswari M.Pd. (II) Dr. Hj. Muslihati S.Ag M.Pd. Kata Kunci Pola Asuh Perilaku Membolos Siswa SMK Membolos merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja yang paling sering ditemui dikalangan pelajar. Perilaku membolos ini dalam penanganannya perlu mendapatkan perhatian penuh dari berbagai pihak karena dianggap sangat merugikan bahkan dapat menimbulkan masalah baru bagi diri sendiri sekolah maupun orang tua. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan tanpa ada penanganan khusus maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada kualitas pendidikan siswa baik secara akademis maupun perkembangan mental siswa. Dalam hal ini peran konselor sekolah diharapkan mampu meminimalisir perilaku membolos siswa sehingga siswa dapat menjadi pribadi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun lingkungannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 143 responden. Instrumen penelitian terdiri dari skala pola asuh orang tua dan skala perilaku membolos. Instrumen pola asuh orang tua ini diadaptasi dari instrumen pola asuh orang tua Putra (2015) dengan dilakukan revisi pada seluruh item pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis persentase secara manual dan korelasi eta dengan menggunakan SPSS. Hasil dari analisis korelasi eta antara pola asuh dengan perilaku membolos diperoleh nilai F hitung sebesar 6 058 dengan nilai pembanding F tabel sebesar 3 91. Hal tersebut menunjukkan adanya korelasi signifikan (F hitung F tabel) antara pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa. Dengan demikian menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H0) ditolak sehingga hipotesis alternatif (H1) menyatakan bahwa ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan perilaku membolos siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang dapat diterima. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pola asuh demokratis sebanyak 93 responden atau 65 0 persen siswa memiliki tingkat perilaku membolos dalam kategori tertinggi diantara pola asuh otoriter dan permisif. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) Bagi konselor diharapkan dapat menambahkan layanan konsultasi orang tua siswa agar orang tua siswa mengetahui perkembangan anak di sekolah dan orang tua akan lebih mendorong anaknya untuk ke sekolah (2) Bagi peneliti selanjutnya selanjutnya yang hendak meneliti tentang pola asuh orang tua dan perilaku membolos siswa maka disarankan untuk membuat modul pengembangan layanan konsultasi orang tua yang dapat digunakan oleh konselor untuk orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item