Penerapan lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran reproduksi dan imunitas di SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang / Herlina Ike Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran reproduksi dan imunitas di SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang / Herlina Ike Oktaviani

Oktaviani, Herlina Ike (2011) Penerapan lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran reproduksi dan imunitas di SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang / Herlina Ike Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lesson Study Hasil Belajar Lesson study adalah suatu proses kolaboratif pada kelompok guru ketika mengidentifikasi masalah pembelajaran merancang suatu skenario pembelajaran. Lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan keprofesionalan guru sehingga faktor itulah yang diharapkan akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Lesson study diterapkan di SMA Al-Rifa ie karena masih banyak guru muda yang memerlukan peningkatan keprofesionalan untuk mengembangkan pembelajaran dan beberapa siswa yang belum memenuhi SKM dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1)mendeskripsikan penerapan lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran reproduksi dan imunitas di SMA Al-Rifa ie (2) mengidentifikasikan manfaat lesson study bagi guru Biologi dan (3) mengidentifikasikan kendala dalam penerapan lesson study di SMA Al-Rifa ie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diambil dari wawancara observasi dan beberapa dokumen yang diperlukan dalam penelitian. Instrumen yang dibutuhkan dalam pengumpulan data adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan lesson study hasil belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran reproduksi dan imunitas di SMA Al-Rifa ie meningkat. Hal itu dikarenakan pembelajaran direncanakan dilaksanakan dan direfleksi secara kolaboratif oleh beberapa guru sehingga banyak gagasan saran serta kritik dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa. Lesson study memberi manfaat bagi guru Biologi yaitu adanya kerjasama secara kolaboratif antara beberapa guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif efisien dan menyenangkan guru lebih terbantu dalam proses pembelajaran lebih profesional dalam mengajar dan siswa menjadi lebih aktif.Beberapa kendala yang dirasakan dalam penerapan lesson study di SMA Al-Rifa ie yaitu membutuhkan waktu yang lama untuk persiapan RPP karena berhubungan dengan guru-guru yang lain sulitnya mencari waktu yang sesuai beberapa guru masih malu untuk menjadi guru pengajar yang diamati oleh observer waktu yang terbatas untuk mengikuti tahapan lesson study dan sedikitnya guru yang termotivasi untuk memperbaiki dan menambah inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item