Keefektifan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa kelas X SMKN 5 Malang / Novi Dwi Priti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa kelas X SMKN 5 Malang / Novi Dwi Priti

Priti, Novi Dwi (2018) Keefektifan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa kelas X SMKN 5 Malang / Novi Dwi Priti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Priti Novi Dwi. Keefektifan Sinema Edukasi untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa Kelas X SMKN 5 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M. A. Kata kunci sinema edukasi perilaku moral siswa SMK Perilaku moral adalah perilaku yang dilakukan sesuai dengan peraturan nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang ada di kelompok sosial. Pada saat ini permasalahan kemerosotan moral pada remaja sudah banyak terjadi dibuktikan dengan kasus-kasus yang terjadi pada remaja di antaranya tawuran pelajar pemalakan minum-minuman keras pergaulan bebas pembunuhan dan permasalahan lainnya. Pada akhirnya kemerosotan moral menjadi fenomena yang menyebabkan kecemasan sosial dan apabila tidak segera ditangani secara serius dikhawatirkan banyak masalah sosial lain yang muncul. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan bantuan yang efektif untuk mengembangkan perilaku moral salah satu upayanya ialah layanan bimbingan kelompok dengan sinema edukasi sebagai tekniknya. Penelitian ini bertujuan menguji seberapa efektif penggunaan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa. Penelitian menggunakan rancangan pre-experimental dengan model one group pretest posttest design. Subjek penelitian siswa kelas X TKJ 1 X TKJ 2 dan X TKJ 3 di SMKN 5 Malang masing-masing kelas yang diambil sebanyak lima siswa yang memiliki tingkat perilaku moral sedang. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku moral yang diberikan sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Penganalisaan data menggunakan analisis deskriptif dan statistik non-parametik pada Wilcoxon dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa nilai Z -3.418 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 001. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu 0 001 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil data perilaku moral didapatkan adanya kenaikan skor data yang menunjukkan bahwa perilaku moral siswa kelas X di SMKN 5 Malang meningkat. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik sinema edukasi efektif untuk mengembangkan perilaku moral siswa Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) Guru Bimbingan dan Konseling mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok menggunakan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa dan (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadakan penelitian serupa dengan desain true eksperiment yang menggunakan kelompok kontrol untuk lebih meningkatkan kesahihan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item