Simulasi dan komputasi kinetika kimia untuk penentuan orde dan tetapan laju reaksi / oleh Agus Mukti Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi dan komputasi kinetika kimia untuk penentuan orde dan tetapan laju reaksi / oleh Agus Mukti Wibowo

Wibowo, Agus Mukti (2007) Simulasi dan komputasi kinetika kimia untuk penentuan orde dan tetapan laju reaksi / oleh Agus Mukti Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelemahan dalam penentuan orde dan tetapan laju reaksi secara manual adalah membutuhkan waktu yang lama dan tingkat ketelitian yang tinggi. Komputer dapat diandalkan unhrk mengatasi kelemahan tersebut yakni dengan pengembangans oftwarey ang dapat digunakanu ntuk penentuano rde dan tetapan laju reaksi. Pembuatan software untuk penentuan orde dan tetapan laju reaksi dilahrkan dengans eperangkakt omputer dan softwarep endukungy attu Microsoft Windows XP dan Delphi 5.0. Teknik komputasi yang dilakukan untuk msnenhrkan orde dan tetapan laju reaksi hampir sama dengan cara manual perbedaannyaa dalahp enggunaank omputer sebagaim edia wthrk menentukan orde dan tetapan laju reaksi dengan menggunakan software. Pembuatan software dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Kimia. Pengujian software dilalarkan setelah software selesai dibuat rmtuk mengetahui efektifitas software. Pengujian dilakukan dengan memberikan kesempatank epadar esponsdenu nhrk mengaplikasikans oftware dan memberikan evaluasi terhadap softwarE. Responden dalam pengujian program adalah 20 orang mahasiswa Kimia Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan dalam pengujian berbentr.rk uisioner. Hasil pengujian menunjukkanb ahwa sebagian besar mahasiswa memberikan respon positif untuk untuk berbagai segt penilaian yang diberikan yaitu tampilan program petunjuk atau informasi yang tersedia tingkat kemudahan dan akurasi program. Pembuatan software ini merupakan langkah awal dalam pembuatan software-software kimia lainnya. Berdasarkan hasil pembuatan software ini perlu pembuatan software-software lain dalam bidang kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24086

Actions (login required)

View Item View Item