Isolasi, karakterisasi, dan identifikasi asam lemak minyak ikan tengiri (Scomberomorus lineatus) / oleh Euis Sartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi, karakterisasi, dan identifikasi asam lemak minyak ikan tengiri (Scomberomorus lineatus) / oleh Euis Sartika

Sartika, Euis (2007) Isolasi, karakterisasi, dan identifikasi asam lemak minyak ikan tengiri (Scomberomorus lineatus) / oleh Euis Sartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pangan bergizi tinggi diperlukan tubuh manusia untuk memasok zzt-zzt yang tidak disintesis oleh tubuh. Salah satu zat ini adalah asam lemak esensial khususnya asam lemak omega-3. Bahan pangan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain adalah ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendemen hasil isolasi mitryak ikan tengiri karakteristik minyak ikan tengiri dan kandungan asam lemak minyak ikan tengiri. Penelitiani ni merupakanp enelitiane ksperimental y ang dilakukand i Laboratorium Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang dan Laboratorium Kimia Organik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ikan yang dijadikan objek penelitian adalah ikan tengii (Scomberomorus lineatus) yang diperoleh dari Tempat PelelanganIk an SendangB iru KabupatenM alang. Penelitiani ni menggunakan daging ikan tengiri kering dan diekstraksi menggunakan metode Soxhlet dengan pelarut n-heksana. Minyak ikan hasil isolasi dikarakterisasi harga indeks bias bilangan penyaburum dan bilangan iodnya. Identifikasi asam lemak minyak ikan tengiri dilakukan dengan terlebih dahulu mengubah asam lemak menjadi metil esternyam elalui prosest rarc-esterifikasi dengank atalis borontrifluoridad alam metanol. Hasil lrans-esterifikasi dianalisis dengan kromatografi gas-speklrometri massa(G C-MS). Hasil penelitian menunjukkan (1) rendemen isolasi minyak dari ikan tengiri sebesa7r 53%o(d ari bobot ikan kering) ata u3 73Yo( dari bobot ikan basah) ( 2) minyak ikan tengiri memiliki indeks bias (27 C) 1 474 bilangan penyabunan 198 22 dan bilangan iod 131 66. Identifikasi asam lemak minyak ikan tengiri terdapat 8 komponen asam lemak. Enam komponen utama penlusunnya diduga adalah asam miristat (4 6lyo) asam palmitat (40 13yo) asam palmitoleat (10 22yo) rsam stearat (19 07yo) asam vaksenat (9 75Vo) dan asam omega-3 yang banyak digunakand alam bidang medis yaitu asame ikosapentaenoa(tE PA) (7 88%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item