Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk peserta didik SMA/MA kelas XI materi asam basa / Fitri Ayu Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk peserta didik SMA/MA kelas XI materi asam basa / Fitri Ayu Wulandari

Wulandari, Fitri Ayu (2019) Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk peserta didik SMA/MA kelas XI materi asam basa / Fitri Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Wulandari Fitri Ayu. 2018. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Materi Asam Basa. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S (II) Dra. Hj. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata kunci penelitian pengembangan asam basa pendekatan sets Materi asam basa adalah salah satu materi dasar dalam pembelajaran kimia kelas XI SMA. Berdasarkan hasil analisis terhadap materi asam basa pada beberapa buku cetak yang umumnya digunakan di sekolah materi dan konsep pembelajaran disampaikan secara naratif dan informatif. Buku cetak yang banyak digunakan menyediakan prosedur praktikum hanya sebagai alat untuk mengkonfirmasi konsep yang telah didapatkan sehingga peserta didik tidak dapat mengkonstruk konsep secara mandiri seperti yang dituntut dalam Kurikulum 2013. Pendekatan SETS adalah pendekatan yang sesuai untuk digunakan dalam membelajarkan materi asam basa dan sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan petunjuk praktikum materi asam basa berbasis pendekatan SETS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap define design develop dan disseminate. Penelitian pengembangan petunjuk praktikum ini dilakukan hingga tahap develop. Pengembangan petunjuk praktikum yang dilakukan mencakup buku siswa dan buku guru. Validasi kelayakan petunjuk praktikum yang dikembangkan dilakukan oleh tiga validator ahli dan uji keterbacaan dilakukan oleh dua puluh siswa kelas XII SMA. Hasil pengembangan adalah buku petunjuk praktikum siswa berbasis pendekatan SETS yang terdiri dari sub-bab larutan asam-basa indikator alami kekuatan asam-basa penentuan pH larutan dan netralisasi asam kuat oleh basa kuat sedangkan buku petunjuk praktikum guru mencakup sub-bab yang sama disertai dengan kunci jawaban. Hasil validasi terhadap buku petunjuk praktikum siswa dan guru memiliki kriteria sangat layak dengan persentase rata-rata 85 6% dan 86 2%. Sementara hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa buku siswa memiliki kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase 93%. Hasil pengembangan petunjuk praktikum kimia materi asam basa berbasis pendekatan SETS dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item