Pengaruh proses esterifikasi bertingkat dengan katalis asam terhadap kadar asam lemak bebas minyak jarak pagar (jatropha curcas linn) / Febrina Rizki Amalia

Amalia, Febrina Rizki (2018) Pengaruh proses esterifikasi bertingkat dengan katalis asam terhadap kadar asam lemak bebas minyak jarak pagar (jatropha curcas linn) / Febrina Rizki Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amalia, Febrina Rizki. 2016. Pengaruh Proses Esterifikasi dengan Katalis Asam dan Lama Penyimpanan Pada Kadar Asam Lemak Bebas Minyak Jarak Pagar (Jatropha curcas Linn). Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aman Santoso, M.Si., (II) Dr. Sumari, M.Si. Kata-kata kunci: asam lemak bebas, eterifikasi, minyak jarak pagar Minyak jarak pagar dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif berupa biodiesel, namun minyak jarak pagar memiliki kadar asam lemak bebas yang cukup tinggi, yaitu 8,284%. Tingginya kadar asam lemak bebas dapat menghambat proses transesterifikasi dalam membentuk metil ester, maka dari itu perlu dilakukan proses esterifikasi secara bertingkat untuk menurunkan asam lemak bebas yang terkandung dalam minyak jarak pagar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh proses esterifikasi bertingkat dan lama proses penyimpanan pada penentuan kadar asam lemak bebas minyak jarak pagar serta menentukan karakter minyak hasil proses esterifikasi bertingkat dan potensinya sebagai bahan baku biodiesel. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium penelitian Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu (1) degumming, (2) penentuan kadar asam lemak bebas, (3) esterifikasi minyak jarak pagar, dan (4) karakterisasi minyak hasil proses esterifikasi yang meliputi massa jenis, viskositas, indeks bias, dan kadar asam lemak bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses esterifikasi bertingkat dan lama penyimpanan sangat mempengaruhi kenaikan asam lemak bebas pada minyak jarak pagar, semakin lama penyimpanan dari hasil proses esterifikasi bertingkat akan mengakibatkan reaksi hidrolisis, maka semakin tinggi pula kadar asam lemak bebas yang terkandung dalam minyak jarak pagar. Minyak hasil proses esterifikasi bertingkat mempunyai karakteristik massa jenis sebesar 0,9471 gram/mL, viskositas sebesar 22,5978 cSt, indeks bias sebesar 1,4627, dan kadar asam lemak bebas sebesar 6,9286%. Karakteristik minyak hasil proses esterifikasi bertingkat ada bebrapa yang sesuai dengan standar mutu biodiesel SNI-04-7182-2006 yaitu indeks bias dan massa jenis, seehingga minyak hasil proses etserifikasi bertingkat ini dapat dikatakan berpotensi sebagai bahan baku dalam pembuatan metil ester atau biodiesel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item View Item