Kajian analisis Fe terhadap kualitas sedimen dengan metode tessier microwave leaching / Ruri Indriana Arifani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian analisis Fe terhadap kualitas sedimen dengan metode tessier microwave leaching / Ruri Indriana Arifani

Arifani, Ruri Indriana (2018) Kajian analisis Fe terhadap kualitas sedimen dengan metode tessier microwave leaching / Ruri Indriana Arifani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifani Ruri Indriana. 2018. Kajian Analisis Fe Terhadap Kualitas Sedimen dengan Metode Tessier Microwave Lecahing. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sc. Anugrah RickyWijaya M.Sc. (II) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum S.Si. M.Si. Kata Kunci Fe Sedimen Tessier Microwave Daya dan waktu Pantai Prigi Monitoring pencemaran lingkungan dapat dilakukan proses leaching sehingga dapat ditentukan kualitas sedimen. Prosesleaching sedimen dilakukan menggunakan metode Tessier. Proses leaching pada metode Tessiermampu menjelaskan fraksinasi keterikatan Fe dalam sedimen.Kelemahan pada metode Tessier adalah proses pemanasan leaching menggunakan water bath sehingga memerlukan waktu yang terlalu lama 20 jam. Kelebihan pemanasan menggunakan microwave yang mampu memberikan efisiensi waktu leaching.Penelitian ini dimodifikasi menjadi metode Tessier Microwave. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh waktu kontak radiasi dan dayamicrowave dalam fraksinasi Fe menggunakan metode Tessier microwave (2) Keefektifan metode Tessier microwave secara akurasi dan presisi untuk proses leaching Fe dalam sedimen Prigi (3) Distribusi keterikatan Fe pada sedimen Prigi. Pada penelitian ini proses leaching menggunakan metode Tessier dilakukan terhadap beberapa fraksi dalam sedimen. Fraksi 1 adalah fraksi pertukaran ion fraksi 2 adalah fraksi terikat karbonat fraksi 3 adalah fraksi terikat oksida besi/mangan fraksi 4 adalah fraksi terikat materi organik dan fraksi 5 adalah fraksi terikat mineral silika/alumina. Filtrat hasil fraksinasi dianalisis konsentrasi Femenggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Data analisis konsentrasi Fe kemudian digunakan untuk menentukan tingkat kontaminasi dan pencemaran pada sedimen Prigi berdasarkan nilai Faktor Kontaminasi (FK) dan membandingkan dengan standar WHO Fe-sedimen. Hasil penelitian menunjukkankondisi optimum waktu kontak radiasi dan dayamicrowavemempengaruhi kondisi optimum. Metode Tessiermicrowave menghasilkan tingginya persentase recoverysesuai standar akurasi.Urutan kandungan konsentrasi Fe pada fraksi non resisten (mudah larut) adalah lokasi3 lokasi 2 lokasi 1 maka lokasi 3 paling berpotensi menyumbang pencemaran laut yang disebabkan oleh keberadaan Fedalam sedimen. Berdasakan nilai FK pada ketiga lokasi lokasi 2 dan 3 memiliki tingkat kontaminasi sedimen sedang dan lokasi 1 memiliki tingkat kontaminasi sedimen rendah. Konsentrasi Fe dalam sedimen pada ketiga lokasi dibawah standar WHO (1500mg/kg) mengindikasikan kategori berpotensi rendah terhadap pencemaran laut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item