Sintesis metil ester dari minyak biji tembakau dengan katalis CaO-KCl dan metode ultrasonik serta uji potensinya sebagai biodiesel dan antibakteri / Rocki Avianto Muhamat

Muhamat, Rocki Avianto. (2018) Sintesis metil ester dari minyak biji tembakau dengan katalis CaO-KCl dan metode ultrasonik serta uji potensinya sebagai biodiesel dan antibakteri / Rocki Avianto Muhamat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muhamat Rocki Avianto. 2018. Sintesis Metil Ester dari Minyak Biji Tembakau dengan Katalis heterogen serta Uji Potensinya sebagai Biodiesel. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Laurent Octaviana S.Pd. M.Si. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata kunci minyak biji tembakau katalis CaO-KCl ultrasonik biodiesel antibakteri. Ketersediaan minyak bumi yang semakin menipis memberikan tantangan dan peluang dalam pemanfaatan bahan bakar alternatif lain seperti misalnya penggunaan biodiesel. Minyak biji tembakau diketahui bisa digunakan sebagai biodiesel melalui reaksi transesterifikasi menggunakan katalis basa. Katalis basa tersebut bisa bervariasi . Metil ester yang dihasilkan selain digunakan sebagai biodiesel juga berpotensi digunakan sebagai senyawa antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mensintesis metil ester dari minyak biji tembakau dengan katalis CaO-KCl menggunakan metode ultrasonik 2) mengkarakterisasi metil ester hasil transesterifikasi dari minyak biji tembakau dan uji potensinya sebagai biodiesel 3) mengidentifikasi senyawa penyusun metil ester hasil sintesis menggunakan GC-MS. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium penelitian Jurusan Kimia Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi dan Lab. Sentral FMIPA Universitas Negeri Malang. Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) preparasi sampel larutan dan katalis (2) ekstraksi biji tembakau menggunakan pelarut n-heksana dengan metode soxhletasi (3) karakterisasi minyak biji tembakau melalui uji massa jenis indeks bias viskositas uji angka asam dan asam lemak bebas (4) esterifikasi dengan menggunakan metanol dan katalis H2SO4 dilanjutkan dengan transesterifikasi menggunakan metanol dan katalis CaO-KCl (5) karakterisasi metil ester hasil sintesis melalui penentuan massa jenis indeks bias viskositas dan angka asam (6) identifikasi senyawa penyusun campuran metil ester hasil sintesis menggunakan GC-MS dan (7) uji bioaktivitas antibakteri pada minyak biji tembakau dan metil esternya terhadap bakteri Escherichia coli menggunakan metode difusi sumur agar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metil ester dapat disintesis dari minyak biji tembakau dengan konsentrasi katalis heterogen (2) karakter metil ester hasil memenuhi kriteria SNI Biodiesel 7182-2015 meliputi densitas viskositas dan bilangan asam (3) hasil identifikasi senyawa penyusun metil ester hasil sintesis dengan GC-MS diperoleh senyawa utama berupa metil palmitat metil linoleat dan metil oleat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24042

Actions (login required)

View Item View Item