Perbandingan hasil daya inhibisi antara metode spektrofotometri dan volumetri secara in vitro dan analisis in silico profil inhibisi isolat flavonoid dari mesokarp mentimun (Cucumis sativus L.) / Cholifatuzaroh

Cholifatuzaroh (2018) Perbandingan hasil daya inhibisi antara metode spektrofotometri dan volumetri secara in vitro dan analisis in silico profil inhibisi isolat flavonoid dari mesokarp mentimun (Cucumis sativus L.) / Cholifatuzaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Cholifatuzaroh. 2018. Perbandingan Hasil Daya Inhibisi Antara Metode Spektrofotometri dan Volumetri secara in vitro dan analisis in silico Profil Inhibisi Isolat Flavonoid dari Mesokarp mentimun (Cucumis sativus L.). Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Subandi, M.Si., (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. Kata Kunci: mesokarp mentimun, inhibisi, lipase pankreas, in vitro, in silico. Obesitas telah menjadi masalah nasional dan global, dan dapat ditanggani dengan pengaturan diet dan mengonsumsi obat anti-obesitas. Salah satu obat anti-obesitas adalah Orlistat yang bekerja sebagai inhibitor lipase pankreas, sehingga mengurangi penyerapan asam lemak dan gliserol dalam tubuh. Selama ini penentuan daya inhibisi Orlistat secara in vitro dilakukan dengan metode volumetri, yang memerlukan sampel dan reagen dalam jumlah relatif banyak (mL) dan ketelitiannya relatif rendah. Oleh sebab itu perlu diuji dengan metode lain. Seperti metode spektrofotometri yang membutuhkan sampel dan reagen dalam jumlah relatif sedikit (μL) dan dengan ketelitian yang relatif tinggi. Penelitian sebelumnya telah membuktikan secara in vitro bahwa serbuk dan ekstrak kental mesokarp mentimun dapat bertindak sebagai inhibitor lipase pankreas. Hasil tersebut juga perlu dikaji secara in silico. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah (1) menentukan perbandingan daya inhibisi Orlistat, serbuk dan ekstrak kental mesokarp mentimun antara metode spektrofotometri dengan metode volumetri; (2) mengetahui profil inhibisi isolat flavonoid ÔÇ£pinosembrinÔÇØ dari mesokarp mentimun sebagai inhibitor lipase pankreas secara in silico. Penelitian secara in vitro dengan metode spektrofotometri dilakukan secara laboratorium dan dibandingkan dengan hasil metode volumetri pada penelitian sebelumnya. Analisis in silico dilakukan secara komputasi dengan menggunakan software komputer PyMol dan Discovery Studio dengan metode docking terhadap isolat flavonoid dari mesokarp mentimun yaitu pinosembrin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perbandingan hasil daya inhibisi terhadap lipase pankreas dengan metode spektrofotometri dan metode volumetri, relatif sama untuk Orlistat tetapi terdapat perbedaan untuk serbuk dan ekstrak kental mesokarp mentimun, yang dimungkinkan karena keadaan sampel terakhir adalah sampel yang sudah berwarna (kuning ÔÇô coklat); 2) hasil isolat flavonoid dari mesokarp mentimun (pinosembrin) yang memiliki daya inhibisi secara in vitro lebih besar dari Orlistat, secara in silico juga memiliki binding affinity yang lebih besar (7,87 kcal/mol) dibandingkan Orlistat (5,70 kcal/mol), tetapi terikat pada sisi yang berbeda pada enzim lipase pankreas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item