Pengaruh penggunaan gadget, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Bojonegoro / Mahardani Setya Adiarta

Adiarta, Mahardani Setya (2018) Pengaruh penggunaan gadget, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Bojonegoro / Mahardani Setya Adiarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adiarta, Mahardani Setya. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget. Kebiasaan belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Belajar mengajar merupakan kegiatan utama yang ada di sekolah. Siswa akan memperoleh prestasi belajar yang maksimal apabila siswa bersungguh-sungguh dalam belajarnya. Dalam hal ini prestasi belajar merupakan wujud kepandaian dan pengetahuan yang dimiliki manusia setelah melakukan kegiatan belajar. Dalam era teknologi dan globalisasi sekarang, tentunya banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya adalah maraknya penggunaan gadget di kalangan siswa yang akhirnya berimbas pada kebiasaan dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan gadget, kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Instrumen data menggunakan kuisioner dan sampel penelitian yang digunakan menggunakan simple random sampling dan terdapat 168 siswa yang menjadi responden penelitian. Adapun sumber data yag digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan tahapan prasyarat analisis, analisis regresi, koefisien determinasi, uji hipotesis melalui uji t dan sumbangan relative serta sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget, kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Nilai Besarnya R Square (R2) adalah 0,734, hal ini berarti bahwa penggunaan gadget, kebiasaan belajar dan motivasi belajar dapat menerangkan atau memperjelas prestasi belajar siswa sebesar 73,4% sedangkan sisanya 26,6% dijelaskan oleh faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa tentunya diluar variabel penelitian ini seperti gaya belajar, lingkungan belajar, sarana dan prasarana dan teman sebaya, Dianalisis melalui SR maka Secara bersama-sama variabel penggunaan gadget, kebiasaan dan motivasi belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 9,51% terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item