Pengaruh variasi suhu dan perbandingan massa NaOH pada sintesis karboksimetil A-karagenan (CMKC) dengan asam trokloroasetat (TCA) / Mira Nur Fadilah

Fadilah, Mira Nur (2018) Pengaruh variasi suhu dan perbandingan massa NaOH pada sintesis karboksimetil A-karagenan (CMKC) dengan asam trokloroasetat (TCA) / Mira Nur Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fadilah Mira N. 2018. Pengaruh Variasi Suhu dan Perbandingan Massa NaOH pada Sintesis Karboksimetil k-Karagenan (CMKC) dengan Asam Trikloroasetat (TCA). Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irma Kartika K S.Si. M.Si. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata Kunci k-karagenan karboksimetilasi suhu NaOH alkalisasi fisikokimia Karboksimetil kappa-Karagenan (CMKC) merupakan produk hasil karboksimetilasi k-karagenan. Konversi gugus hidroksil menjadi gugus karboksimetil pada proses karboksimetilasi berpengaruh pada karakter k-karagenan antara lain viskositas kelarutan dan kemampuan mengikat air. Banyaknya gugus OH yang dapat disubstitusi dinyatakan sebagai derajat substitusi (DS). Peningkatan nilai DS dapat dilakukan dengan cara mengoptimasi suhu alkalisasi serta massa NaOH yang ditambahkan pada proses karboksimetilasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan tujuan mengoptimasi metode pembuatan karboksimetil kappa-karagenan yang dilakukan dengan cara memvariasi suhu alkalisasi dan massa natrium hidroksida yang ditambahkan. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu (1) pembuatan karboksimetil k-karagenan (CMKC) dengan beberapa variasi jumlah NaOH dan suhu reaksi pada tahap alkalisasi (2) karakterisasi sifat fisikokimia produk yang dihasilkan meliputi nilai derajat substitusi (DS) FTIR kadar air kelarutan kemampuan swelling dan viskositas. Hasil penelitian ini adalah karboksimetil k-karagenan yang disintesis menggunakan agen eterifikasi asam trikloroasetat (TCA) ditandai dengan munculnya serapan FTIR pada bilangan gelombang sekitar 1650 cm-1 dan 1410 cm-1 (serapan gugus karbonil). Selain itu juga ditunjukkan dengan perubahan sifat fisikokimia yang berbeda dari molekul awalnya. Suhu alkalisasi optimum pada proses karboksimetilasi k-karagenan adalah 40oC dengan nilai DS yang diperoleh adlaah 0 87 kadar air 0 9650% kelarutan dalam air sebesar 8 83 g/L dengan % terlarut 87 5124 % suhu gelling pada 60oC serta viskositas sebesar 3 cP. Peningkatan suhu alkalisasi dapat menurunkan nilai DS juga berpengaruh pada kadar air dan kelarutan CMKC yang dihasilkan. Sedangkan massa NaOH optimum yang ditambahkan pada proses karboksimetilasi k-karagenan untuk memperoleh nilai DS yang paling besar (1 6) adalah 6 0011 g dengan kadar air sebesar 1 0350% kelarutan dalam air sebesar 9 55 g/L dengan %terlarut 95 1195% suhu gelling pada 70oC serta viskositas sebesar 3 5 cP. Penambahan yang lebih banyak dari 6 0011 g NaOH dapat menurunkan nilai DS produk dikarenakan semakin banyaknya produk samping yang terbentuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24014

Actions (login required)

View Item View Item