Sholikhah, MarÔÇÖatus (2018) Keefektifan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP / MarÔÇÖatus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Sholikhah Mar atus. 2018. Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Dr. Henny Indreswari M.Pd. Kata Kunci sinema edukasi kepercayaan diri siswa SMP Kepercayaan diri yang rendah mungkin dimiliki oleh siswa SMP yang sedang dalam tahap usia remaja. Kepercayaan diri yang rendah akan menghambat siswa untuk beradaptasi dengan lingkungannya di sekolah. Kepercayaan diri yang rendah dapat ditingkatkan dengan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling dengan menggunakan metode sinema edukasi. Sinema edukasi digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri karena sinema memungkinkan siswa untuk mendapatkan semangat dan mendapatkan inspirasi dari tokoh yang ada di dalamnya. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Malang. Hipotesis penelitian adalah teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Malang. Rancangan penelitian menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest design. Subjek penelitian berjumlah 16 orang siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah inventori kepercayaan diri dan pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik analisis non parametrik uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang. Keseluruhan subjek penelitian mengalami kenaikan skor pretest ke posttest. Pada hasil analisis uji beda wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) bernilai 000 yang berarti lebih kecil dari
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2401 |
Actions (login required)
View Item |