Pemanfaatan zeolit alam sebagai bahan baku pembuatan katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA untuk produksi etanol dari gliserol berbantuan ultrasonik / Irwan Hardiansyah

Hardiansyah, Irwan (2018) Pemanfaatan zeolit alam sebagai bahan baku pembuatan katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA untuk produksi etanol dari gliserol berbantuan ultrasonik / Irwan Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardiansyah, Irwan. 2018. Pemanfaatan Zeolit Alam sebagai Bahan Baku Pembuatan Katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA untuk Produksi Etanol dari Gliserol Berbantuan Ultrasonik. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S., (II) Dr. Sumari M.Si Kata Kunci : katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA, impregnasi, gliserol, etanol, ultrasonik Meningkatnya produksi biodiesel sebagai bahan bakar alternatif berakibat pada meningkatnya jumlah hasil samping berupa gliserol. Jika diproduksi dalam skala industri maka akan menghasilkan banyak gliserol sebagai produk sampingan. Meningkatnya produksi biodiesel juga akan menyebabkan akumulasi gliserol di pasaran dan turunnya harga gliserol yang sangat besar serta terbatasnya pemanfaatan. Gliserol akan menjadi limbah industri pengolahan biodiesel jika tidak diiringi dengan kemajuan teknologi pemanfaatan gliserol. Tersedianya gliserol yang cukup banyak merupakan peluang untuk dikembangkan lebih lanjut melalui cara-cara pengolahan gliserol, salah satunya adalah dengan mendegradasi gliserol menjadi bioetanol dengan mengunakan katalis zeolit. Mengingat bahan bakar fosil tidak dapat diperbarui, bioetanol merupakan bahan bakar yang sangat penting untuk masa mendatang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan degradasi gliserol menjadi etanol dengan katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA berbantuan ultrasonik. Penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris yang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (1) pengambilan dan preparasi sampel zeolit, (2) aktivasi zeolit dengan HF, HCl dengan variasi waktu perendaman 6, 12, 24 jam, dan NH4Cl, (3) impregnasi zeolit dengan Zn dan Ag-Zn, (4) karakterisasi katalis meliputi : uji X-Ray Fluorescence,X-Ray Diffraction, isoterm Langmuir, dan uji keasaman, (4)konversi gliserol dengan katalis Zn/ZAA dan Ag-Zn/ZAA berbantuan ultrasonik, (5) analisis produk degradasi gliserol dengan GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zeolit dari kabupaten malang baik sebelum atau setelah dimodifikasi memiliki jenis mordenit (MOR). Katalis Zn/ZAA memiliki luas permukaan paling besar sebesar 135,179m2g-1 dan tingkat keasaman sebesar 2,3706, sedangkan katalis Ag-Zn/ZAA memiliki luas permukaan sebesar 126,472m2g-1 dan tingkat keasaman tertinggi sebesar 2,612. Berdasarkan analisis GC produk hasil degradasi gliserol dihasilkan etanol. Produk etanol tertinggi baik dalam Zn/ZAA maupun Ag-Zn.ZAA dihasilkan pada suhu sonikasi 60oC. %yield etanol yang dihasilkan dengan katalis Ag-Zn/ZAA sebesar 12,40%, sedangkan katalis Ag-Zn/ZAA sebesar 11,89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item View Item