Sintesis nanopartikel magnetit menggunakan metode sono elektrokimia dengan template polietilena glikol / Frida Dwijayanti

Dwijayanti, Frida (2018) Sintesis nanopartikel magnetit menggunakan metode sono elektrokimia dengan template polietilena glikol / Frida Dwijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dwijayanti, Frida. 2018. Sintesis Nanopartikel Magnetit Menggunakan Metode Sonoelektrokimia dengan Template Polietilena Glikol. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh, M.S., (II) Dr. Nazriati, M.Si. Kata Kunci: magnetit, sonoelektrokimia, template, PEG. Nanopartikel magnetit seringkali membentuk aglomerat karena memiliki interaksi dipol-dipol yang cukup kuat antar partikel magnetit. Pembentukan aglomerat dapat dicegah dengan cara menambahkan polimer selama proses sintesis magnetit berlangsung. Salah satu polimer yang dapat digunakan adalah polietilena glikol (PEG). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sintesis magnetit dengan metode sonoelektrokimia menggunakan template PEG. Selain itu, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan dan konsentrasi template polietilena glikol (PEG) terhadap karakteristik magnetit yang disintesis. Pada penelitian ini, nanopartikel magnetit disintesis menggunakan metode sonoelektrokimia. Proses elektrolisis dilakukan selama 7,5 jam dengan menggunakan elektroda besi dan disertai sonikasi dengan frekuensi 42 kHz. Elektrolit yang digunakan adalah air demineralisasi dan larutan PEG dengan variasi konsentrasi 0,001 M, 0,002 M, dan 0,003 M. Nanopartikel magnetit yang telah disintesis dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM, FTIR, dan VSM. Berdasarkan hasil XRD, difraktogram magnetit yang disintesis dengan dan tanpa template PEG telah sesuai dengan difraktogram Fe3O4 standar. PEG terbukti berfungsi sebagai template karena tidak terdapat pita serapan khas dari PEG pada spektrum FT-IR yang dihasilkan. Hasil SEM menunjukkan bahwa nanopartikel magnetit yang disintesis menggunakan template PEG memiliki ukuran partikel yang lebih besar namun aglomerasinya lebih kecil dibandingkan nanopartikel magnetit yang disintesis tanpa template PEG. Berdasarkan pengujian VSM, magnetisasi saturasi nanopartikel magnetit yang disintesis dengan template PEG lebih besar dibandingkan nanopartikel magnetit yang disintesis tanpa template PEG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item