Sintesis dan karakterisasi nanopartikel magnetit (Fe3O4) tanpa dan dengan penambahan asam sitrat serta aplikasinya sebagai koagulan / Novita Putri Islamiyah

Islamiyah, Novita Putri (2018) Sintesis dan karakterisasi nanopartikel magnetit (Fe3O4) tanpa dan dengan penambahan asam sitrat serta aplikasinya sebagai koagulan / Novita Putri Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Islamiyah, Novita Putri. 2018. Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel Magnetit (Fe3O4) tanpa dan dengan Penambahan Asam Sitrat serta Aplikasinya sebagai Koagulan. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh, M.S., (II) Dr. Nazriati, M.Si. Kata Kunci: koagulasi, nanopartikel magnetit, asam sitrat, koagulan Koagulasi adalah salah satu metode penting untuk pengolahan air dan air limbah. Koagulasi mengurangi kekeruhan air dengan cara netralisasi muatan partikel-partikel tersuspensi dan koloid dalam air oleh suatu koagulan, diikuti flokulasi yakni aglomerasi partikel-partikel yang ternetralisasi menjadi kumpulan partikel yang mengendap. Nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat diduga dapat digunakan sebagai koagulan. Penambahan asam sitrat bertujuan untuk melapisi permukaan magnetit dan mencegah terjadinya aglomerasi magnetit. Tujuan penelitian ini adalah mensintesis nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat, serta mengetahui karakteristik nanopartikel magnetit hasil sintesis, mengetahui efektifitas nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat sebagai koagulan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap. Pertama, proses sintesis nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat secara kopresipitasi. Kedua, karakterisasi nanopartikel magnetit hasil sintesis dengan XRD, FTIR, SEM, BET, VSM, dan Zeta Potensial. Ketiga, aplikasi nanopartikel magnetit hasil sintesis sebagai koagulan terhadap sampel air. Keempat,mengukur penurunan kekeruhan air setelah penambahan koagulan dengan menggunakan Turbidimeter. Nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat telah berhasil disintesis secara kopresipitasi. Hasil analisis XRD menunjukkan penambahan asam sitrat menurunkankristalinitas magnetit. Hasil analisis FTIR pada magnetit berlapis asam sitrat menunjukkan munculnya serapan khas gugus-gugus fungsi asam sitrat pada bilangan gelombang 1649,13 cm-1 yang mengindikasi ikatan antara permukaan magnetit dengan asam sitrat. Hasil analisis SEM menunjukkan tingkat aglomerasi nanopartikel magnetit berlapis asam sitrat lebih rendah dibandingkan dengan nanopartikel magnetit tanpa asam sitrat. Hasil analisis BET menunjukkan nanopartikel magnetit berlapis asam sitrat memiliki luas permukaan spesifik yang lebih besar dibanding nanopartikel magnetit tanpa asam sitrat. Hasil analisis VSM menunjukkan magnetisasi saturasi (Ms) nanopartikel magnetit tanpa asam sitrat lebih tinggi dibanding nanopartikel magnetit berlapis asam sitrat. Hasil analisis zeta potensial menunjukkan nanopartikel magnetit tanpa dan dengan penambahan asam sitrat memiliki muatan permukaan positif. Hasil ujicoba magnetit dengan penambahan asam sitrat 0,2 g sebagai koagulan lebih efektif menurunkan kekeruhan sampai 88,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item