Hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan / Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan / Susanti

Susanti (2018) Hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan / Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Susanti. 2018. Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Agresi Siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Jurusan Bmbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd (2) Irene Maya Simon S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengelolaan emosi perilaku agresi. Perilaku agresi mungkin dimiliki oleh siswa SMA yang sedang dalam tahap usia remaja. Perilaku agresi akan menghambat siswa untuk beradaptasi dan sulit menjalin hubungan baik dengan orang lain didalam lingkungan sekolah. Perilaku agresi dapat dikurangi dengan memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang tinggi. Pengelolaan emosi yang baik digunakan untuk mengatur perasaanperasaan yang muncul pada diri siswa agar terungkapkan secara tepat. Pentingnya kemampuan pengelolaan emosi pada diri siswa adalah untuk menahan diri agar tidak larut dalam perasaan yang berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) tingkat pengelolaan emosi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan (2) tingkat perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan (3) melihat apakah ada hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskripsi korelasional. Subjek penelitian berjumlah 73 siswa pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total dengan mengambil keseluruhan siswa kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengelolaan emosi dan skala perilaku agresi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik non perametrik uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan emosi efektif untuk mengurangi perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Pada hasil analisis uji korelasi product moment menunjukkan nilai -0 564 dengan signifikansi sebesar 000 yang berarti lebih kecil dari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

View Item View Item