Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo / R. Pitria Atika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo / R. Pitria Atika

Atika, R. Pitria (2011) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo / R. Pitria Atika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Geografi. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan untuk memberikan variasi dan motivasi agar tidak jenuh dan bosan. Selain itu juga untuk untuk mencapai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Geografi SMA Kelas X secara efisien dan efektif. Sekolah yang menjadi tempat penelitian pengembangan adalah SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo dalam pembelajarannya masih cendrung pada proses pembelajaran yang terpusat pada guru. Dalam kondisi demikian pembelajaran hanya dikuasai oleh guru membuat pebelajar menjadi cepat jenuh dan bosan akibatnya para pebelajar tidak dapat memahami secara keseluruhan materi yang diberikan oleh guru. Pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dan tidak membosankan bagi pebelajar dalam belajar khuusnya pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Kemp dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu (1) Identifikasi Masalah Pembelajaran (2) Analisis Siswa (3) Menentukan Tujuan Pembelajaran Khusus (4) Menentukan Materi Pembelajaran (5) Penyusunan Evaluasi (6) Menentukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) (7) Evaluasi (8) Revisi. Media pembelajaran interaktif siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran kepada siswa SMA kelas X. Sampel yang diambil adalah siswa SMA kelas X G dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam Pengembangan ini menggunakan beberapa instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis angket interpretasi data dengan kriteria tingkat validitas dan mengolah tes hasil belajar siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran Geografi yang telah diujicobakan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi ahli media diperoleh 83 3% ahli materi diperoleh 88 3% siswa/ audiens mencapai tingkat kevalidan 93%. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kriteria Valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran Geografi pada materi litosfer dan pedosfer di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Hasil tes belajar baik pre- test maupun post- test yang diberikan kepada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif persentase peningkatan hasil belajar pada uji coba sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Geografi pokok materi litosfer dan pedosfer valid/ layak digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item