Uji toksisitas ekstrak n-Heksana Kernel biji mangga (Mangifera indica Linn) varietas gadung terhadap Artemia salina dan isolasi komponen penyusunnya / Hilfiyatuzziadah

Hilfiyatuzziadah (2018) Uji toksisitas ekstrak n-Heksana Kernel biji mangga (Mangifera indica Linn) varietas gadung terhadap Artemia salina dan isolasi komponen penyusunnya / Hilfiyatuzziadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hilfiyatuzziadah. 2018. Uji Toksisitas Ekstrak n-Heksana Kernel Biji Mangga (Mangifera indica Linn) Varietas Gadung Terhadap Artemia salina dan Isolasi Komponen Penyusunnya. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Marfu ah M.S. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci kernel biji mangga (Mangifera indica Linn) gadung ekstrak n-heksana toksisitas Artemia salina Salah satu tanaman buah berbiji yang tumbuh subur di Indonesia adalah mangga khususnya mangga gadung. Bagian mangga yang banyak dikonsumsi adalah daging buahnya sedangkan biji buahnya menjadi limbah yang belum dimanfaatkan dengan baik. Bagian dalam biji mangga berisi kernel biji mangga. Kernel biji mangga mengandung senyawa-senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian tentang biji mangga masih terbatas pada uji fitokimia ekstrak kernel biji mangga sedangkan uji toksisitasnya belum pernah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui golongan senyawa yang terkandung dalam ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung (2) mengetahui toksisitas ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung dan (3) mengidentifikasi komponen hasil isolasi ekstrak kernel biji gadung. Penelitian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) preparasi sampel yang meliputi pengambilan sampel pengeringan sampel dan pembuatan serbuk (2) ekstraksi serbuk kernel biji mangga gadung dengan pelarut n-heksana (3) uji fitokimia ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung (4) uji toksisitas terhadap Artemia salina dengan metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test) (5) analisis dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT ) (6) pemisahan senyawa dengan Kromatografi Lapis Tipis Preparatif (KLTP) dan (7) identifikasi komponen hasil pemisahan secara fisik ( meliputi analisis wujud dan warna) dan analisis secara spektrofotometri inframerah (IR). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) golongan senyawa yang terkandung dalam ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung yaitu senyawa golongan triterpenoid antrakuinon glikosida minyak dan lemak (2) ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung bersifat toksik dengan nilai LC50 684 ppm dan (3) Komponen hasil pemisahan ekstrak n-heksana kernel biji mangga (Mangifera indica Linn) varietas gadung berupa padatan tak berwarna . Uji fitokimia komponen-komponen hasil pemisahan ekstrak n-heksana kernel biji mangga gadung menunjukkan hasil positif terhadap uji minyak dan lemak. Komponen ini memiliki pita serapan yang khas untuk gugus -OH gugus C O ikatan ganda C C dan ikatan tunggal C-O (ester). Komponen tersebut diduga senyawa golongan minyak atau lemak. Berdasarkan nilai Rf komponen komponen H1 diduga ester monogliserida tidak jenuh komponen H2 diduga ester digliserida tidak jenuh dan komponen H3 diduga ester trigliserida tidak jenuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item