Efektifitas katalis ZAA dan ZAA/NI untuk degradasi gliserol menjadi etanol dengan bantuan ultrasonik / Randi Wujud Cahyono

Cahyono, Randi Wujud (2018) Efektifitas katalis ZAA dan ZAA/NI untuk degradasi gliserol menjadi etanol dengan bantuan ultrasonik / Randi Wujud Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Ringkasan Cahyono, Randi Wujud. 2017.Efektivitas Katalis ZAA dan ZAA/Ni untuk Degradasi Gliserol menjadi Etanol dengan Bantuan Ultrasonik. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sumari, M.Si., (II) Drs.Ida Bagus Suryadharma, M.S. Kata Kunci: zeolit, katalis, degradasi gliserol, etanol, ultrasonikasi Pertumbuhan penduduk yang meningkat setiap tahun menyebabkan laju konsumsi minyak bumi pun bertambah. Mengingat bahan fosil yang ada merupakan sumber alam terbatas maka dikhawatirkan terjadi kelangkaan bahan bakar. Pemerintah menggalakkan penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif yang menghasilkan limbah gliserol dalam jumlah besar. Akibat melimpahnya gliserol sebagai produk samping ini maka para ahli berusaha mendegradasi gliserol menjadi bioetanol. Tujuan penelitian ini adalah mengkonversi gliserol menjadi bioetanol menggunakan katalis zeolit alam aktif/Ni dengan bantuan ultrasonik. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia, Laboratorium Sentral FMIPA UM, Laboratorium Elektrokimia dan Korosi Teknik Kimia ITS, dan Laboratorium Teknik Kimia POLINEMA. Katalis yang digunakan dalam penelitian ini adalah zeolit alam aktif dan atau tanpa impregnasi Ni. Proses degradasi dilakukan pada suhu 30??C pada variasi waktu degradasi 1, 2, dan 4 jam dengan katalis zeolit alam aktif/Ni dengan bantuan ultrasonik. Katalis yang digunakan dikarakterisasi menggunakan BET, dan XRD. Produk degradasi gliserol dianalisis menggunakan kromatografi gas. Hasil analisis XRD menunjukkan bahwa zeolit yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis mordenit. Hasil analisis BET menunjukkan luas permukaan spesifik zeolit alam aktif tanpa impregnasi lebih besar dibandingkan dengan menggunakan impregnasi yaitu sebesar 99,096 m2/g dan volum pori zeolit alam aktif tanpa impregnasi juga lebih besar dibandingkan volum pori dengan impregnasi yaitu sebesar 1,992x10-2cc/g. Berdasarkan analisis GC diperoleh produk hasil degradasi gliserol adalah etanol. Persentase kadar etanol tertinggi sebesar 5,030% yang diperoleh ketika degradasi dilakukan menggunakan zeolit alam aktif dengan impregnasi logam Ni dari waktu sonikasi 2 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 07 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item