Pembuatan matriks silika-karagenan dan analisis kemampuan adsorpsinya terhadap rhodamin B, tartrazin dan campurannya / Dini Indriani

Indriani, Dini (2018) Pembuatan matriks silika-karagenan dan analisis kemampuan adsorpsinya terhadap rhodamin B, tartrazin dan campurannya / Dini Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i i ABSTRAK Indriani Dini. 2017. Pembuatan Matriks Silika-karagenan dan Analisis Kemampuan Adsorpsinya Terhadap Rhodamin B Tartrazin dan Campurannya. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum S.Si. M.Si. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci Adsorpsi Rhodamin B Tartrzin Karagenan (kappa karagenan) Silika (SiO2) merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam industri. Silika dapat dimanfaatkan sesuai dengan sifat dan karakteristiknya. Pemanfaatan silika ataupun silika yang telah termodifikasi sebagai adsorben telah banyak diteliti yaitu silika yang telah termodifikasi dengan penambahan selulosa dan surfaktan. Pada penelitian ini dibuat kombinasi silika dengan karagenan yang bertujuan untuk mengeksplore pemanfaatan silika yang telah dimodifikasi yaitu sebagai binder zat warna dan dikaji kemampuan adsorpsinya terhadap Rhodamin B dan tartrazin. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui karakteristik fisik matriks silika-karagenan berdasarkan hasil analisis FT-IR (Fourier Transform Infra-Red) SEM penentuan massa jenis kadar air kadar abu dan daya serap terhadap iod (2) menentukan daya adsorpsi matriks terhadap Rhodamin B tartrazin dan campurannya dengan metode adsorpsi Batch dan KLT (Kromatografi Lapis Tipis). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga tahap meliputi (1) pembuatan silika-karagenan (2) karakterisasinya yang meliputi massa jenis uji kadar air uji kadar abu SEM dan FT-IR (3) uji kemampuan adsorpsi matriks terhadap rhodamin B dan tartrazin dengan metode Batch dan KLT. Hasil penelitian ini adalah (1) silika-karagenan memiliki kadar air 2 089% kadar abu 81 773% massa jenis 1 780 g/mL dan daya serap terhadap larutan iod 21 830% berdasarkan hasil analisis FT-IR tidak terdapat indikasi terjadinya interaksi kimia antara silika dan karagenan yang ditandai dengan tidak adanya puncak baru yang nampak pada spektrum FT-IR setelah proses pencampuran hasil analisis SEM menunjukkan bahwa morfologi permukaan silika-karagenan berbentuk gumpalan atau globular (2) daya adsorpsi matriks silika-karagenan pada larutan rhodamin B lebih besar dibandingkan dengan daya adsorpsi matriks terhadap larutan tartrazin. Rhodamin B dan tartrazin pada campuran rhodamin Btartrazin dapat dipisahkan dengan baik pada silika-karagenan dengan nilai Rf lebih rendah dibandingkan dengan Rf tarrazin. Adsorpsi batch terhadap larutan rhodamin B dan tartrazin dengan silika-karagenan menyebabkan kosentrasi tartrazin pada adsorbat meningkat hal ini terjadi karena adanya penarikan molekul air oleh silika-karagenan yang lebih kuat dibandingkan penarikan tartrazin sedangkan kosentrasi rhodamin B menurun karena silika-karagenan lebih kuat mengikat rhodamin B dibandingkan tartrazin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23986

Actions (login required)

View Item View Item