Pembuatan dan karakterisasi adsorben dari batang pisang serta uji kemampuan penyerapannya terhadap Ni / Sofi Ainun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan dan karakterisasi adsorben dari batang pisang serta uji kemampuan penyerapannya terhadap Ni / Sofi Ainun Nisa

Nisa, Sofi Ainun (2017) Pembuatan dan karakterisasi adsorben dari batang pisang serta uji kemampuan penyerapannya terhadap Ni / Sofi Ainun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nisa S.A. 2017.Pembuatan Dan Karakterisasi Adsorben Dari Batang Pisang Serta Uji Kemampuan PenyerapannyTerhadap Ni. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yudhi Utomo M.Si. (2) Dr. Endang Budiasih M.S. Kata kunci adsorben batang pisang Ni Logam berat terdapat pada limbah yang dihasilkan industriberpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan khususnya daerah perairan seperti sungai. Salah satu logam berat yang terdapat dalam limbah limbah tersebut adalah logam Niyang dihasilkan dari limbah industri maupun limbah rumah tangga yang pada umumnya dibuang ke sungai.Salah satu cara untuk mengurangi kadar logam Ni adalah dengan adsorpsi. Adsorpsi dapat dilakukan dengan biomassa yang berasal dari limbah pertanian seperti batang pisang yang telah dipetik buahnya. Penggunaan batang pisang dipilih karena limbahnya melimpah murah dan memiliki kandungan selulosa yang cukup tinggi. Gugus OH pada selulosa memiliki kemampuan berikatan dengan logam berat dengan demikian dalam penelitian ini digunakan limbah batang pisang sebagai sumber adsorben logam Ni dalam proses adsorpsi. Penelitian ini dimulai dengan preparasi biomassa yang akan digunakan sebagai adsorben hingga diperoleh serbuk batang pisang. Serbuk batang pisang yang diperoleh diberi perlakuan (delignifikasi) menggunakan H2O2 dan NaOH kemudian dilakukan uji karakterisasi pada adsorben sebelum dan sesudah perlakuan.(delignifikasi) Konsentrasi ion logam Ni yang terserap pada adsorben ditentukan secara Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) selanjutnya dilakukan pengujian keadaan optimum adsorpsi sebelum dan sesudah perlakuan (delignifikasi) dengan variasi waktu kontak serta penentuan kapasitas adsorpsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adsorben batang pisang tanpa perlakuan (delignifikasi) memiliki kadar air 5 75% dan kadar abu 71 65% adapunadsorben sesudah perlakuan (delignifikasi) adalah kadar air 3 98% dan kadar abu 76 00%. Uji FT-IR adsroben sebelum dan sesudah perlakuan (delignifikasi) diperoleh pita serapan gugus OH yang mengindikasikan adanya selulosa. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan waktu kontak optimum pada adsorben tanpaperlakuan(delignifikasi) pada menit ke 90 dengan kapasitas adsorpsi sebesar 0 46mg/g sedangkan setelah perlakuan (delignifikasi) diperoleh waktu kontak optimum pada menit ke 30 dengan kapasitas adsorpsi sebesar 0 90mg/g. Berdasarkan kapasitas adsorpsinya adsorben dengan perlakuan (delignifikasi) mempunyai kemampuan menyerap logam Ni yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item