Sintesis silika xerogel berbahan abu bagasse dan aplikasinya sebagai adsorben malasit hijau / Yusuf Saifurrijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis silika xerogel berbahan abu bagasse dan aplikasinya sebagai adsorben malasit hijau / Yusuf Saifurrijal

Saifurrijal, Yusuf (2017) Sintesis silika xerogel berbahan abu bagasse dan aplikasinya sebagai adsorben malasit hijau / Yusuf Saifurrijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saifurrijal Yusuf. 2017. Sintesis Silika Xerogel Berbahan Abu Bagasse dan Aplikasinya Sebagai Adsorben Malasit Hijau. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nazriati M.Si (II) Dr. Fauziatul Fajaroh MS Kata-kata kunci Silika xerogel Adsorpsi Kapasitas Adsorpsi Metode sol-gel Malasit hijau merupakan zat warna yang sering digunakan dalam industri tekstil. Limbah zat warna tersebut bersifat karsinogenik dan mutagenik sehingga sangat berbahaya apabila terakumulasi dalam air. Metode adsorpsi banyak digunakan untuk mengurangi konsentrasi malasit hijau pada lingkungan dan membutuhkan adsorben yang memiliki luas permukaan yang besar. Silika xerogel merupakan salah satu adsorben yang memiliki luas permukaan yang besar. Kapasitas adsorpsi silika xerogel terhadap suatu zat warna memiliki batas tertentu yang disebut kapasitas setimbang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mensintesis dan mengetahui kapasitas adsorpsi silika xerogel terhadap zat warna malasit hijau. Silika xerogel dapat disintesis dari abu bagasse sebagai sumber silika dengan metode sol-gel. Sintesis silika xerogel pada penelitian ini secara umum memiliki 3 tahapan yaitu (1) Penambahan NaOH 2 M untuk mengestrak silika (2) Perlakuan natrium silikat menggunakan resin penukar kation (3) Sintesis silika xerogel pada pH 5. Aplikasi silika xerogel sebagai adsorben malasit hijau menggunakan variasi waktu kontak konsentrasi dan temperatur. Variasi konsentrasi waktu kontak dan temperatur digunakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kapasitas adsorpsi dan studi parameter kesetimbangan adsorpsi silika xerogel terhadap malasit hijau. Kapasitas adsorpsi maksimum silika xerogel terhadap malasit hijau dengan konsentrasi 6 mg/L sebesar 9 518 mg/g pada waktu kontak 60 menit. Kapasitas adsorpsi silika xerogel semakin meningkat seiring meningkatnya konsentrasi malasit hijau dari 3-7 mg/L dengan kapasitas adsorpsi sebesar 4 4283 mg/g sampai 10 5875mg/g. Studi parameter adsorpsi menunjukkan adsorpsi berlangsung mengikuti model isotherm Langmuir dan kinetika orde dua semu model McKay dan Ho serta adsorpsi berlangsung secara eksotermik spontan dan teratur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item View Item