Perbandingan metode destruksi refluks dan hotplate untuk analisis Fe dalam sedimen Sendang Biru / Radella Cahya Monica - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan metode destruksi refluks dan hotplate untuk analisis Fe dalam sedimen Sendang Biru / Radella Cahya Monica

Monica, Radella Cahya (2017) Perbandingan metode destruksi refluks dan hotplate untuk analisis Fe dalam sedimen Sendang Biru / Radella Cahya Monica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Monica Radella Cahya. 2017. Perbandingan Metode Destruksi Refluks dan Hotplate Untuk Analisis Fe dalam Sedimen Sendang Biru. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya S.Si M.Sc. (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci Sedimen Analisis Fe Metode refluks Metode hotplate Kadar Fe dalam sedimen dapat ditentukan dengan metode destruksi basah menggunakan refluks dan hotplate. Kondisi destruksi optimum analisis Fe dalam 0 5 g sedimen menggunakan refluks telah ditentukan dengan kondisi volume 50 mL HNO3 8 M dengan pemanasan 150 menit. Untuk menentukan kadar Fe dalam sedimen Sendang Biru dengan tepat diperlukan metode tersebut dengan cara menguji tingkat presisi dan akurasinya. Sedangkan untuk menguji tingkat keefektifan metode tersebut dalam melarutkan Fe dalam sedimen dibandingkan dengan menggunakan hotplate. Kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate belum ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menentukan kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate (2) Mengetahui tingkat presisi dan akurasi kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan refluks dan hotplate. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Penyiapan dan perlakuan sampel sedimen (2) Penentuan kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate (a) Uji variasi konsentrasi larutan HNO3 (4 M 6 M 8 M 10 M) (b) Uji variasi waktu destruksi (15 menit 30 menit 60 menit 120 menit 150 menit 180 menit 300 menit 360 menit 600 menit 900 menit) (c) Uji variasi volume larutan HNO3 (10 mL 25 mL 50 mL 75 mL 100 mL) (3) Pengujian tingkat presisi dan akurasi kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan refluks dan hotplate. Kondisi destruksi analisis Fe dalam 0 5 g sedimen dengan hotplate yaitu 10 mL HNO3 6 M dengan pemanasan selama 15 menit. Kondisi destruksi optimum analisis Fe dalam 0 5 g sedimen dengan refluks memiliki tingkat akurasi dan presisi sebesar 98 80% dan 51 2%. Kondisi destruksi analisis Fe dalam sedimen dengan hotplate memiliki tingkat akurasi dan presisi sebesar 98 01% dan 16 25%. Metode destruksi dengan hotplate mampu melarutkan Fe lebih banyak dari sedimen dibandingkan dengan metode refluks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23934

Actions (login required)

View Item View Item