Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dani Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dani Arifin

Arifin, Dani (2018) Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Dani Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Dani. 2018. Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. M. Ramli M.A (II) Drs. Hariadi Kusumo. M.Pd. Kata Kunci sosiodrama penyesuaian sosial SMP Laboratorium UM Penyesuaian sosial adalah suatu proses penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial atau penyesuaian dalam hubungan antar manusia. Melalui penyesuaian sosial manusia memperoleh pemuasan dan kebutuhan-kebutuhannya. Lingkungan terdekat yang berpengaruh besar dalam menentukan tingkat penyesuaian sosial seseorang. Lingkungan yang dimaksud disini adalah lingkungan sekolah. Penyesuaian sosial menjadi persoalan yang penting karena apabila individu tidak dapat memenuhi tuntutan lingkungan maka individu tidak akan diterima dilingkungan tersebut. Melalui teknik sosiodrama siswa mendapat kesempatan untuk berlatih melakukan kegiatan memainkan peran tertentu berdasarkan kehidupan sosial. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan bentuk pre- experimental dengan metode One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM sebanyak 23 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil pengisian inventori penyesuaian sosial dan memiliki kategori nilai sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori penyesuaian sosial siswa yang sudah melewati uji validitas sebanyak 42 butir dan yang valid sebanyak 29 butir dan uji reliabilitas sebesar 0 877 serta panduan eksperimen teknik sosiodrama yang telah diujikan melalui uji ahli. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20.00 for windows. Analisis statistik menggunakan uji wilcoxon ini digunakan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM. Hal ini tersebut dapat dilihat dari peningkatan penyesuaian sosial siswa. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh dari uji wilcoxon sebesar 0 005 (dengan nilai Z - 2 810b). Dengan begitu dapat diketahui bahwa 0.005 0.05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran kepada kepala sekolah konselor dan peneliti selanjutnya yaitu sekolah dan konselor hendaknya menerapkan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa SMP sebagai referensi pada pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu untuk mengukur efek jangka panjang treatment yang telah diberikan kepada siswa. Selain itu juga perlu melakukan penelitian eksperimen menggunakan kelompok kontrol untuk mengukur keefektifan teknik sosiodrama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item