Studi metode digesti menggunakan HNO3, dan HCl pada penentuan Mn dalam sedimen sungai / Eka Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi metode digesti menggunakan HNO3, dan HCl pada penentuan Mn dalam sedimen sungai / Eka Setyaningsih

Setyaningsih, Eka (2016) Studi metode digesti menggunakan HNO3, dan HCl pada penentuan Mn dalam sedimen sungai / Eka Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyaningsih Eka. 2016. Studi Metode Digesti Menggunakan HNO3 dan HCl Pada Penentuan Mn dalam Sedimen Sungai. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yudhi Utomo M.Si. (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya M.Sc. Kata-kata kunci sedimen digesti Mn Banyak limbah kegiatan manusia dibuang di sungai. Salah satu limbah mengandung Mn dihasilkan dari industri baterai besi dan baja. Logam Mn yang ada dalam badan perairan pada kadar tertentu dapat bereaksi dengan berbagai ion dan senyawa lain seperti oksida silikat dan karbonat sehingga memungkinkan terjadinya proses pengendapan dan terbentuknya ion dan kompleks Mn pada sedimen. Tujuan dari penelitian adalah 1) Mengetahui pengaruh digestor dengan variasi konsentrasi HCl HNO3 dan campuran HCl-HNO3 dalam penentuan kadar Mn dalam sedimen sungai 2) Mengetahui efektifitas digestor terbaik dibandingkan akuaregia dalam penentuan kadar Mn dalam sedimen sungai. Tahapan penelitian meliputi preparasi sampel proses digesti menggunakan HCl HNO3 dan campuran HCl-HNO3 dengan variasi konsentrasi pada suhu 130oC selama 3 jam pengujian sampel MnCl2.4H2O perbandingan hasil proses digesti pada pelarut yang mempunyai hasil tertinggi dengan pelarut akuaregia dan penetapan kadar Mn dalam sampel dengan menggunakan SSA. Hasil penelitian diperoleh kandungan Mn efektif dengan menggunakan pelarut HCl 6M HNO3 3M dan campuran HCl 6M HNO3 3M mendigesti Mn yaitu 1 09 g/kg 1 08 g/kg dan 0 46 g/kg masing-masing. Pelarut HCl 6M lebih efektif dibandingkan dengan pelarut akuaregia dalam hal digestor Mn di sedimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item