Karakterisasi lindi dan pemanfaatan kompos TPA Tlekung sebagai adsorben ion nikel / Nur Partiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi lindi dan pemanfaatan kompos TPA Tlekung sebagai adsorben ion nikel / Nur Partiana Dewi

Dewi, Nur Partiana (2016) Karakterisasi lindi dan pemanfaatan kompos TPA Tlekung sebagai adsorben ion nikel / Nur Partiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Nur Partiana. 2016. Karakterisasi Lindi dan Pemanfaatan Kompos TPA Tlekung sebagai Adsorben Ion Nikel. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum M.Si. (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya M.Sc. Kata-kata Kunci adsorpsi kompos lindi ion nikel Lindi berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk organik cair. Kendala utama yang dihadapi dalam pemanfaatan lindi adalah potensi adanya cemaran ion logam berat dalam lindi salah satunya ion nikel. Bahan cemaran ion logam berat dalam lindi dapat terakumulasi pada tanaman pangan sehingga tanaman pangan tersebut berbahaya untuk dikonsumsi. Kompos merupakan salah satu alternatif adsorben untuk mengurangi kadar ion nikel karena adanya gugus fungsional seperti -COOH OH-alkoholat dan OH-fenolat yang mampu mengadsorpsi ion logam berat dengan pembentukan senyawa kompleks kelat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) karakteristik lindi TPA Tlekung (2) karakteristik kompos TPA Tlekung sebagai adsorben (3) kemampuan kompos dalam mengadsorpsi ion nikel (4) model isoterm adsorpsi ion nikel oleh kompos. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap (1) penentuan parameter fisikokimia lindi TPA Tlekung yang meliputi suhu kekeruhan pH kadar DO Total Padatan Tersuspensi dan Terlarut BOD5 COD TOC serta nikel (2) penentuan parameter fisikokimia kompos TPA Tlekung yang meliputi kadar air pH dan jenis logam secara kualitatif (3) proses adsorpsi ion nikel oleh kompos. Metode dan instrumentasi yang digunakan pada tahapan diatas meliputi metode bikromat titrimetri Winkler gravimetri instrumentasi WQC 22-A pH-meter TOC- Analyzer XRF dan AAS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) parameter fisikokimia lindi TPA Tlekung adalah sebagai berikut kadar TSS TDS kekeruhan DO BOD5 COD TOC nikel dan pH masing-masing sebesar 1666 67 mg/l 11480 mg/l 132 mg/l 0 16 mg/l 41 69 mg/l 1973 33 mg/l 1570 mg/l 0 0547 mg/l dan 8 (2) parameter fisikokimia kompos TPA Tlekung adalah sebagai berikut berbau seperti tanah berwarna coklat tua kadar air Cd Ni Cu terlarut dan pH masing-masing sebesar 20 74 % 1 384 mg/kg 2 728 mg/kg 27 96 mg/kg dan 7 (3) 1 25 gram kompos TPA Tlekung dapat mengadsorpsi 85 33 % ion nikel dalam larutan Ni(NO3)2 0 1 ppm dengan waktu kontak optimal 2 jam (4) adsorpsi ion nikel oleh kompos mengikuti kaidah metode isoterm adsorpsi Langmuir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23878

Actions (login required)

View Item View Item