Pengembangan panduan permainan peran terstruktur untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM / Makrifatul Fitriyah

Fitriyah, Makrifatul (2018) Pengembangan panduan permainan peran terstruktur untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM / Makrifatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fitriyah, Makrifatul. 2018. Pengembangan Panduan Permainan Peran Terstruktur Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI di SMA Laboratorium UM. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuliati Hotifah, S.Psi., M.Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd. Kata Kunci: Permainan peran terstruktur, keterampilan komunikasi, komunikasi interpersonal. Keterampilan komunikasi interpersonal adalah kemampuan untuk berinteraksi, saling bertukar informasi, di mana setiap individu akan menyampaikan dan menerima pesan orang lain. Keterampilan tersebut bisa ditingkatkan dengan memberikan layanan kepada siswa, yaitu menggunakan permainan peran terstruktur. Permainan peran terstruktur adalah salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yang dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan seseorang, dengan cara bermain peran oleh peserta permainan yang mana dalam peranan tersebut fasilitator menyampaikan tujuan dalam permainan, menentukan struktur, dan menjelaskan tentang permainan tersebut secara rinci dan jelas. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan panduan permainan peran terstruktur untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM yang berterima secara teoritis dan praktik. Metode penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembagan Borg & Gall (1983), yaitu tahap pendahuluan dan perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama (kelompok kecil), dan revisi produk akhir. Data dikumpulkan dengan instrumen skala penilaian. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data verbal. Data kuantitatif dianalisis menggunakan persentase dan data verbal dianalisis dengan menyimpulkan masukan-masukan hasil pengujian produk. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh nilai 86,5%. Hasil penilaian ahli media diperoleh nilai 70,6 %. Sedangkan dari penilaian calon pengguna produk diperoleh nilai 76,3%. Secara keseluruhan diperoleh 77,8% yang berarti berguna, menarik, mudah dan tepat digunakan sebagai buku panduan. Dapat disimpulakan bahwa produk ini telah berterima secara teoritis melalui penilaian ahli dan berterima secara praktis melalui penilaian calon pengguna produk dan pengujian produk terbatas. Disarankan kepada konselor untuk menggunakan produk karena sudah teruji secara teoritis dan praktis serta konselor diharapkan dapat mengatur waktu dan mengkondisikan siswa agar pelaksanaan permainan peran terstruktur dapat dilakukan secara efektif. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menguji efektifitas produk melalui penelitian eksperimen. Saran untuk Jurusan Bimbingan dan Konseling yaitu hasil penelitian pengembangan panduan permainan peran terstruktur dapat digunakan sebagai referensi untuk mahasiswa dalam mengikuti strategi layanan bimbingan dan konseling khususnya teknik permainan peran terstruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item