Safitri, Daret Indah Mega (2016) Pengembangan media pembelajaran elektronik pada materi larutan penyangga untuk siswa SMA kelas XI / Daret Indah Mega Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safitri Daret I.M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata Kunci media pembelajaran elektronik larutanpenyangga Kesulitansiswauntukmemahami konsepmaterilarutanpenyanggaantara lain (1) konseppengertianlarutanpenyangga (2) konsepperhitungan pH danpOHLarutanPenyanggadenganmenggunakanprinsipkesetimbangan (3) konsepperhitungan pH larutanpenyanggapadapenambahansedikitasamataubasa dan (4) konsepfungsilarutanpenyanggadalamtubuhmakhlukhidupdandalamkehidupansehari-hari. Kesulitan-kesulitan tersebut disebabkan karena pada materi larutan penyangga terdapat konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga dibutuhkan suatu media pembelajaran yangdapat digunakan oleh gurudansiswa sebagai bahan ajar. Penelitian inibertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran elektronik pada materi larutan penyangga 2)mengetahuibagaimana kelayakan media pembelajaran elektronik pada pokok bahasan larutan penyangga yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi dari model pengembangan Dick Carey. Desain uji coba pada produk ini hanya menggunakan uji ahli dan uji kelompok kecil sedangkan instrument yang digunakan berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptifkuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaranelektronik yang memanfaatkankomputerdalampenggunaannya. Hasilvalidasimenunjukkan bahwa (1) tampilan media yang dikembangkan layak digunakan dengan persentase validitas rata-rata sebesar 4 4 atau 87 4% dan (2) materi dalam media pembelajaran elektronik ini sesuai dengan SK dan KD yang terdapat dalam KTSP 2006 dengan persentase validitas rata-rata dari validator sebesar 3 6 atau 72 2% serta (3) media yang dikembangkan layak digunakan secara keseluruhan dengan presentase rata-rata dari siswa sebesar 83 3%.Hasilvalidasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.Penelitianlebihlanjutdiperlukanuntuk menguji keefektifan penggunaanmedia ini dalam pembelajaran materilarutanpenyangga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23868 |
Actions (login required)
View Item |