Analisis komposisi silika-selulosa terhadap kemampuannya melepas senyawa kairomon sebagai atraktan parasitoid / Setya Ayu Aprilia

Aprilia, Setya Ayu (2016) Analisis komposisi silika-selulosa terhadap kemampuannya melepas senyawa kairomon sebagai atraktan parasitoid / Setya Ayu Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilia,S. A. 2016. Analisis Komposisi Silika ÔÇô Selulosa Terhadap Kemampuannya Melepas Senyawa Kairomon Sebagai Atraktan Parasitoid. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D. (II) Dr. Yudhi Utomo, M.Si. Kata kunci:atraktan, bioassay,senyawa kairomon, variasi komposisi silika-selulosa Tanaman padi yang terinfeksi hama Nilaparvata lugens memiliki mekanisme pertahanan tidak langsung yaitu dengan mengeluarkan senyawa yang dapat menarik parasitoid yang disebut kairomon. Isolasi kairomon dari batang padi terinfeksi dapat dilakukan dengan cara ekstraksi sokhletasi menggunakan pelarut metanol.Senyawa kairomon bersifat volatildan mudah terlepas ke udara sehingga diperlukan suatu penjerap agar terlepasnya senyawa kairomon secara bertahap.Silika-selulosa dapat digunakan sebagai penjerap senyawa kairomon. Pada penelitian ini dibuat dua perbandingan komposisi silika-selulosa yang digunakan sebagai penjerap untuk senyawa kairomon.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) morfologi permukaan pada berbagai variasi komposisisilika-selulosa, (2) karakterisasimasing-masing silika-selulosasebagai penjerap senyawa kairomon dan (3) uji efektivitas penjerap pada berbagai variasi komposisi silika-selulosa dalam melepas senyawakairomonsebagai atraktan parasitoid dengan bioassaydan uji lapang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental laboratoris. Penelitian ini terdiri dari dua perlakuan yang masing-masing terdiri dari beberapa tahapan, yaitu (a) perlakuan pada sampel yang terdiri dari: (1) preparasi dan ekstraksi tanaman padi sehat dan terinfeksi menggunakan pelarut methanol dan(2) analisis senyawa yang terkandung dalam ekstrak padi sehat dan sakitdengan GC-MS. (b) Perlakuan pada penjerap yang terdiri dari: (1) pembuatan variasi komposisipenjerap silika-selulosa, (2) karakterisasi penjerap pada berbagai variasi silika-selulosayang meliputi analisis SEM, BET, penentuan massa jenis, kadar air, kadar abu, dan daya serap terhadap larutan iod,dan (3) uji keefektifanpenjerap pada berbagai variasisilika-selulosa dalam melepaskan senyawa kairomonsebagai atraktan parasitoid dengan bioassay dan uji lapang. Hasil penelitian adalah (1) penambahan selulosa pada permukaan silika menghasilkan material berpori yang tidak rata dengan bentuk partikel globular, (2) karakter fisik dari adsorben seperti massa jenis, kadar air, kadar abu, daya serap iod berubah makin besar seiring dengan penambahan selulosa, dan (3) hasil uji variansi (uji F) menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan respon positif parasitoid pada berbagai komposisi adsorben silika-selulosa melalui uji bioassay dan uji lapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23865

Actions (login required)

View Item View Item