Pengaruh model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada submateri larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School / Vella Nadya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada submateri larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School / Vella Nadya

Nadya, Vella (2015) Pengaruh model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada submateri larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School / Vella Nadya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadya Vella. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada Submateri Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Brawijaya Smart School. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dedek Sukarianingsih Dra. M.Pd M.Si (II) Siti Marfuah Dra. M.S. Dr. Kata Kunci Collaborative inkuiri terbimbing larutan elektrolit prestasi belajar Ilmu kimia adalah cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mengkaji tentang struktur sifat dan susunan materi. Adanya kajian mengenai struktur materi tersebut membuat kimia bersifat abstrak. Salah satu materi yang bersifat abstrak yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi tersebut yaitu model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada submateri Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Brawijaya Smart School. Salah satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 (dibelajarkan dengan model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry) dan kelas yang lain dijadikan sebagai kelas eksperimen 2 (dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing) yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data keterlaksanaan proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif siswa dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry sebesar 89 5% dan keterlaksanaan proses pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 86%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry pada submateri larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Collaborative Guided Inquiry lebih tinggi ( 3 18) daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing ( 3 00).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item