Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Manga(II)tiosianat dengan Lingan Kuinolina / Didin Nur Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Manga(II)tiosianat dengan Lingan Kuinolina / Didin Nur Cahyani

Cahyani, Didin Nur (2015) Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Manga(II)tiosianat dengan Lingan Kuinolina / Didin Nur Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani D. N. 2015. Sintesis dan Karakterisasi Senyawa Kompleks dari Mangan(II) Tiosianat dengan Ligan Kuinolina. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (II) Dr. Fariati M.Sc. Kata-kata kunci senyawa kompleks mangan(II) tiosianat dan kuinolina Senyawa kompleks dari mangan(II) tiosianat dengan ligan kuinolina belum dilaporkan. Sintesis senyawa kompleks dari mangan(II) tiosianat dengan ligan kuinolina untuk mengetahui pengaruh penggantian atom pusat terhadap struktur senyawa kompleks yang diperoleh. Tujuan penelitian adalah untuk mensintesis dan mengkarakterisasi senyawa kompleks dari mangan(II) tiosianat dengan ligan kuinolina pada stoikiometri 1 2 dalam pelarut etanol serta memprediksi struktur senyawa kompleks berdasarkan data hasil karakterisasi. Sintesis senyawa kompleks dilakukan dengan mereaksikan Mn(SCN)2 dan kuinolina dengan stoikiometri 1 2 dalam etanol. Senyawa yang diperoleh diukur titik leburnya untuk mengetahui kebaruan kemurnian dan kestabilan termalnya. Senyawa kompleks dianalisis dengan EDX untuk mengetahui rumus empirisnya. Uji daya hantar listrik (DHL) dan uji kualitatif ion tiosianat dilakukan untuk mengidentifikasi apakah senyawa kompleks tersebut merupakan senyawa kompleks ionik atau molekuler. Berdasarkan hasil pengujian di atas ditentukan rumus kimia senyawa kompleks beserta kemungkinan strukturnya. Beberapa kemungkinan struktur tersebut dihitung energi bebasnya dengan program Spartan 14.V1.1.0. Struktur senyawa kompleks yang memenuhi adalah struktur dengan energi bebas terendah. Senyawa kompleks hasil sintesis berupa kristal berwarna kecoklatan berbentuk balok. Kristal hasil sintesis melebur pada suhu 73-74oC membuktikan bahwa kristal merupakan kompleks yang baru dan murni. Hasil analisis EDX memberikan persentase atom Mn S N masing-masing adalah 1 2 4 dengan rumus empiris C24H26MnN4O2S2. Berdasarkan data hasil pengukuran DHL senyawa kompleks sebesar 33 10 956 S/cm senyawa kompleks hasil sintesis merupakan senyawa kompleks molekuler. Hal ini didukung dengan hasil uji kualitatif ion tiosianat tidak memberikan warna merah darah Fe(SCN)3 dan membuktikan bahwa ion tiosianat bukan sebagai anion pengimbang melainkan sebagai ligan. Hasil analisis IR meng-indikasikan senyawa kompleks mengandung ion tiosianat ligan kuinolina dan pelarut etanol yang diamati dari pergeseran bilangan gelombang gugus fungsi dari C N C 8801 N dan C-O. Senyawa kompleks hasil sintesis mempunyai rumus molekul [Mn(C9H7N)2(NCS)2(CH3CH2OH)2] dengan geometri oktahedral terdistorsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item