Optimasi pemurnian Protease Alkali Bacillus brevis menggunakan metode fraksinasi Etanol / Wahidatul Ainia Rosyai - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi pemurnian Protease Alkali Bacillus brevis menggunakan metode fraksinasi Etanol / Wahidatul Ainia Rosyai

Rosyai, Wahidatul Ainia (2015) Optimasi pemurnian Protease Alkali Bacillus brevis menggunakan metode fraksinasi Etanol / Wahidatul Ainia Rosyai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyai W. A. 2015. Optimasi Pemurnian Protease Alkali Bacillus brevis Menggunakan Metode Fraksinasi Etanol. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharti S.Pd. M.Si. (II) Eli Hendrik Sanjaya S.Si. M.Si. Kata kunci protease alkali Bacillus brevis pemurnian fraksinasi etanol Protease alkali merupakan enzim yang banyak dimanfaatkan dalam bidang industri antara lain industri deterjen dehairing pada industri kulit dan industri farmasi. Enzim ini dapat diperoleh dari Bacillus brevis akan tetapi aktivitas ekstrak kasar protease alkali dari Bacillus brevis masih rendah. Maka perlu dilakukan pemurnian enzim. Etanol telah diketahui memiliki potensi sebagai agen pengendap dalam pemurnian protease alkali dari Bacillus brevis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rentang konsentrasi etanol yang mampu mengendapkan alkali protease dari Bacillus brevis dalam jumlah besar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen laboratorium yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu (1) regenerasi kultur murni Bacillus brevis (2) produksi ekstrak kasar protease dari Bacillus brevis (3) pemurnian dan analisis enzim dengan metode fraksinasi etanol. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas protease alkali tertinggi pada konsentrasi optimum etanol 60-80 % dengan aktivitas spesifik sebesar 1 905 U/mg tingkat kemurnian sebesar 3 989 kali ekstrak kasar dan yield sebesar 27 248 %. Berdasarkan data yield pemurnian protease alkali dari Bacillus brevis menggunakan fraksinasi etanol relatif rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan pemurnian lanjutan dengan metode lainnya seperti metode pengendapan dengan amonium sulfat atau kromatografi fasa terbalik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item