Isolasi, karakterisasi, dan uji aktivitas aktioksidan dan sunscreen senyawa dari ekstrak kloroform biji pepaya (Carica papaya Linn) / Revika Putri Purwitasari

Purwitasari, Revika Putri (2015) Isolasi, karakterisasi, dan uji aktivitas aktioksidan dan sunscreen senyawa dari ekstrak kloroform biji pepaya (Carica papaya Linn) / Revika Putri Purwitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purwitasari, Revika Putri. 2015. Isolasi, Karakterisasi, dan Uji Aktivitas Antioksidan dan Sunscreen Senyawa dari Ekstrak Kloroform Biji Pepaya (Carica papaya Linn). Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti MarfuÔÇÖah, M.S., (II) Dr. H. Sutrisno, M.Si., Kata Kunci: antioksidan, biji pepaya (Carica papaya Linn), ekstrak kloroform, sunscreen. Pepaya (Carica papaya Linn) banyak ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bagian buah pepaya yang banyak dimanfaatkan adalah daging buahnya, sedangkan biji pepaya lebih banyak dijadikan limbah dan hanya sebagian kecil saja yang dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya. Biji pepaya yang belum dimanfaatkan perlu ditindaklanjuti agar tidak menjadi limbah. Penelitian tentang biji pepaya telah dilakukan. Namun demikian, penelitian tersebut hanya fokus pada ekstraknya saja untuk mengetahui efek farmakologi misalnya antioksidan. Oleh karena itu, diperlukan kajian lebih lanjut terhadap komponen spesifik biji pepaya yang berpotensi sebagai antioksidan dan sunscreen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengisolasi komponen ekstrak biji pepaya dengan pelarut kloroform, (2) mengkarakterisasi sifat fisik dan sifat kimia komponen hasil isolasi dari ekstrak kloroform biji pepaya, dan (3) menentukan aktivitas komponen hasil isolasi dari ekstrak kloroform biji pepaya sebagai antioksidan dan sunscreen. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 4 tahap yaitu, (1) ekstraksi biji pepaya dengan pelarut kloroform, isolasi, dan pemurnian salah satu komponen ekstrak kloroform biji pepaya, (2) karakterisasi komponen yang meliputi wujud dan warna, titik lebur, kelarutan, penentuan putaran optik, dan ketidakjenuhan, (3) uji golongan senyawa bahan alam, penentuan struktur dengan spektrofotometri UV-Vis (ultraviolet-visible), dan IR (infrared), (4) uji aktivitas antioksidan dan sunscreen. Hasil penelitian ini adalah (1) ekstrak kloroform biji pepaya berupa padatan lunak berwarna kuning kecoklatan dengan titik lebur 39-41 oC, larut dalam n-heksana dan kloroform, sedikit larut dalam etil asetat dan etanol, tidak larut dalam metanol dan air, tidak bersifat optik aktif, dan dapat memudarkan warna brom, (2) mempunyai λ max 250 nm (absorptivitas 1,324 cm2.mg-1) dan λmax 270 (absorptivitas 0,688 cm2. mg-1, (3) mempunyai gugus CH sp2, gugus C=C alkena tidak terkonjugasi, gugus C-O, dan gugus C=O ester. Diduga zat ini adalah suatu triterpenoid (4) tidak memiliki potensi sebagai antioksidan (KP50 1727,824 mg.L-1), dan (5) menunjukkan proteksi lemah terhadap radiasi sinar UV (SPF 0,544).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item