Keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa sekolah dasar / Riris Arintya - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa sekolah dasar / Riris Arintya

Arintya, Riris (2018) Keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa sekolah dasar / Riris Arintya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Arintya Riris. 2018. Keefektifan Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Respek Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Elia Flurentin M.Pd (2) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata Kunci respek sinema edukasi siswa SD. Hubungan siswa dengan teman sebayanya didukung dengan adanya sikap-sikap positif yang dimiliki oleh setiap pribadi. Salah satunya adalah sikap saling menghormati dan menghargai yang meliputi menghormati diri sendiri orang lain tempat dan benda serta perbedaan antar individu. Sikap hormat itu kemudian dikenal dengan istilah respek. Dalam meningkatkan sikap respek siswa SD bimbingan dan konseling memiliki layanan dasar dengan strategi bimbingan kelompok yang memiliki fungsi pengembangan dan pencegahan. Sinema edukasi dipilih sebagai teknik dalam bimbingan kelompok karena sesuai dengan karakteristik belajar siswa SD yang senang terhadap hal-hal yang bersifat audio-visual. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa SD. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang memiliki tingkat respek tergolong rendah dan sedang mendekati rendah yang terdiri dari sepuluh orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala respek yang telah melewati uji validitas dari 65 butir menjadi 35 butir yang dinyatakan valid hasil uji reliabilitas sebesar 0 848 serta pedoman eksperimen dengan teknik sinema edukasi yang telah melalui uji ahli. Analisis data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinema edukasi dapat meningkatkan respek siswa SD. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor posttest dan hasil uji Wilcoxon yang menyatakan nilai Z-2 809b serta nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0 005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item