Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kemiri 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Dian Mastoah Layli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kemiri 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Dian Mastoah Layli

Layli, Dian Mastoah (2011) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kemiri 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Dian Mastoah Layli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7 desember 2010 di kelas V SDN Kemiri 01 kecamatan Jabung kabupaten Malang diketahui sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru atau dapat dikatakan guru aktif sedangkan siswa hanya duduk mendengarkan mencatat bahkan ada sebagian siswa yang diam dengan keadaan mengantuk sehingga motivasi belajar siswa rendah pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Make A Match merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat melatih siswa untuk lebih aktif sehingga termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah hasil posstest siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dari pada hasil pretest. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian One-shot case study jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Kemiri 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 34 orang pada materi Macam-macam Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan sub pokok bahasan Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil posttest siswa lebih tinggi dari hasil pretest. Hal ini dapat diperoleh dari hasil rata-rata belajar siswa mengalami peninggkatan dari pretest (6 03) meningkat menjadi (7 03) pada hasil posttest. Selain itu penggunaan model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ini dapat ditunjukan dari hasil perhitungan menggunakan uji-t diperoleh t hitung (31 91) 8805 t tabel (2 021) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu 1) bagi kepala sekolah adalah memberikan motivasi kepada semua guru untuk mencoba menerapkan model ini sebagai variasi model mengajar 2) bagi guru hendaknya lebih meningkatkan kemampuan keprofesionalannya dalam menyampaikan materi dengan metode yang lebih efektif untuk menunjang keberanian siswa untuk bertanya 3) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering membuat ramai dan gaduh sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar 4) peneliti lanjutan dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan teknik mencari pasangan (Make A Match) dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item