Hubungan kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Krembung pada submateri geometri molekul / Erna Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Krembung pada submateri geometri molekul / Erna Wati

Wati, Erna (2015) Hubungan kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Krembung pada submateri geometri molekul / Erna Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wati Erna. 2015. Hubungan Kemampuan Visual-spasial dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Krembung pada Submateri Geometri Molekul. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Dermawan Affandy M.Pd. (II) Drs. Darsono Sigit M.Pd. Kata Kunci Kemampuan visual-spasial Prestasi belajar Geometri molekul Kimia merupakan ilmu visual. Beberapa dekade ini banyak para peneliti dan pendidik kimia yang melakukan eksplorasi mengenai metode untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman konseptual representasi dalam pembelajaran kimia. Beberapa studi empiris menyatakan bila pemahaman representasi mikroskopis dan simbolik sangat sulit dipahami oleh siswa karena representasi ini tak terlihat dan abstrak. Tanpa pengetahuan konseptual substansial dan kemampuan visual-spasial siswa kurang mampu menerjemahkan satu informasi yang diberikan ke dalam bentuk representasi lainnya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan signifikan antara kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krembung pada submateri geometri molekul (KTSP 2006). Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan visual-spasial dan tes geometri molekul. Uji hipotesis untuk penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson ( 945 0 05). Hasil uji hipotesis penelitian ini diperoleh nilai r -0 072 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan visual-spasial tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Krembung pada submateri geometri molekul. Meskipun hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan antara kemampuan visual-spasial dengan prestasi belajar diharapkan para guru dapat menerapkan strategi pembelajaran multiple intelligences dengan metode pembelajaran seperti LC inkuiri atau direct instruction dan juga lebih banyak memberikan peragaan visual-spasial dalam usaha membantu siswa untuk memahami konsep geometri molekul dan bukan hanya sekedar menghafal konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item View Item