Isolasi dan identifikasi senyawa golongan flavonoid dari daun beluntas (Pluchea Indica L.) serta uji aktivitas antibakteri / Vincentius Johar W.P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi dan identifikasi senyawa golongan flavonoid dari daun beluntas (Pluchea Indica L.) serta uji aktivitas antibakteri / Vincentius Johar W.P.

Johar W.P, Vincentius (2014) Isolasi dan identifikasi senyawa golongan flavonoid dari daun beluntas (Pluchea Indica L.) serta uji aktivitas antibakteri / Vincentius Johar W.P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Johar Vincentius. 2014. Isolasi dan Identifikasi Senyawa Golongan Flavonoid dari Daun Beluntas (Pluchea indica L.) Serta Uji Aktivitas Antibakteri. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aman Santosa M.Si. (II) Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata kunci antibakteri beluntas flavonoid kromatografi isolasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian mengenai kandungan flavonoid dan potensi daun beluntas sebagai antibakteri telah banyak dilakukan. Kajian lebih lanjut tentang kespesifikan flavonoid yang terkandung dalam komponen polar daun beluntas dan uji aktivitas antibakteri dari komponen polar ekstrak daun beluntas tersebut belum banyak dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengisolasi senyawa golongan flavonoid ekstrak metanol dalam daun beluntas (Pluchea indica L.) dan uji aktivitasnya sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengisolasi senyawa golongan flavonoid dalam ekstrak daun beluntas dengan pelarut metanol 2) Mengidentifikasi senyawa golongan flavonoid dari ekstrak daun beluntas 3) Mengetahui aktivitas antibakteri dari fraksi polar ekstrak daun beluntas. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris yang bertujuan untuk memperoleh senyawa golongan flavonoid dari ekstrak daun beluntas dan uji aktivitas antibakteri. Penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan meliputi 1) Proses ekstraksi dan isolasi senyawa flavonoid 2) Karakterisasi dan identifikasi zat yang dihasilkan meliputi analisis sifat fisik uji flavonoid analisis secara spektrofotometri UV-Vis (Ultraviolet-Visible) dan analisis secara spektrofotometri IR (Infrared) 3) Uji aktivitas antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Isolasi senyawa golongan flavonoid terhadap ekstrak metanol dari daun beluntas memperoleh 2 fraksi yang positif flavonoid berupa zat padat berwarna kuning kecoklatan larut sempurna dalam pelarut polar menghasilkan warna merah jambu pada penambahan serbuk Mg dan HCl serta warna jingga pada penambahan 2 tetes NaOH 10% 2) Kedua zat isolat ini termasuk dalam golongan flavonoid dengan karakter mempunyai dua panjang gelombang maksimum yang berada pada rentang antara 240-285 nm dan 330-550 nm dan gugus fungsi -O-H fenolik -C O- karbonil dan -C-H- aromatic 3) Uji aktivitas antibakteri dengan metode peredaman Kirby Baeur terhadap zat isolat berpotensi sebagai antibakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23775

Actions (login required)

View Item View Item