Ningtyas, Wahyu Dwi (2018) Keefektifan teknik reframing dan teknik thought stopping dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP / Wahyu Dwi Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Ningtyas Wahyu Dwi. 2018. Keefektifan Teknik Reframing dan Teknik Thought Stopping dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP.Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Andi Mappiare-AT M.Pd. (II) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. Kata kunci prokrastinasi akademik teknik reframing teknik thought stopping Prokrastinasi disfungsional akademik merupakan perilaku penundaan akademik yang menjadi hambatan siswa dalam proses belajar disekolah. Prokrastinasi membawa berbagai macam dampak negatif terhadap siswa baik dalam aspek prestasi belajar maupun aspek psikologis siswa. Dalam hal ini konseling dapat memberi intervensi agar siswa mengubah perilaku maladaptifnya. Adapun teknik konseling yang dapat membantu siswa mengubah perilaku prokrastinasi akademik yaitu dengan teknik reframing dan thought stopping. Penelitian ini menguji keefektifan teknik reframing dalam mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa dan membandingkannya dengan teknik thought stopping. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah teknik reframing efektif dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa (2) mengetahui apakah teknik thought stopping efektif dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa dan (3) mengetahui perbedaan keefektifan kedua teknik dalam mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dua kelompok menggunakan Quasi Experimental Posttest Only Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII A dan B SMPI Hidayatul Mubtadiin yang memiliki tingkat prokrastinasi sedang dan tinggi berdasarkan skala prokrastinasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kovarian. Analisis ini menekankan ada uji komparasi yang digunakan untuk menguji perbedaan dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik reframing dan thought stopping efektif mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa dan terdapat perbedaan keefektifan kedua teknik dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Hasil hitung didapatkan bahwa teknik reframing lebih efektif mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMPI Hidayatul Mubtadiin dibandingkan teknik thought stopping. Penelitian ini menyarankan bagi konselor sekolah untuk melaksanakan konseling dengan teknik reframing dan thought stopping dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan waktu yang tepat tidak mengganggu jam pelajaran siswa melakukan improvisasi dan penyesuaian terhadap teknik saat menerapkan kedua teknik dengan subjek yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2377 |
Actions (login required)
View Item |