Sulfonasi minyak sawit (Elaeis guineensis) dan uji potensinya sebagai wetting agent / Siti Rukyatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Sulfonasi minyak sawit (Elaeis guineensis) dan uji potensinya sebagai wetting agent / Siti Rukyatul Laili

Laili, Siti Rukyatul (2014) Sulfonasi minyak sawit (Elaeis guineensis) dan uji potensinya sebagai wetting agent / Siti Rukyatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laili Siti Rukyatul. 2014. Sulfonasi Minyak Sawit (Elaeis guineensis) dan Uji Potensinya Sebagai Wetting Agent. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Parlan M.Si (2) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata-kata kunci minyak sawit sulfonasi surfaktan wetting agent Pengolahan minyak sawit menjadi oleokimia memberikan nilai tambah yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 20-600% dari nilai mentahnya. Salah satu produk oleokimia yaitu surfaktan. Surfaktan sebagai bahan pembasah (wetting agent) paling banyak berasal dari surfaktan anionik yang pada umumnya disintesis dari minyak bumi. Wetting agent dari minyak bumi dan gas alam dapat menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan karena setelah digunakan akan menjadi limbah yang sukar terdegradasi. Selain itu minyak bumi yang digunakan merupakan sumber bahan baku yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah mensintesis wetting agent yang ramah lingkungan dan dari bahan baku yang dapat diperbarui yaitu minyak sawit. Pembuatan wetting agent menggunakan minyak sawit dapat dilakukan dengan reaksi sulfonasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi reaksi proses sulfonasi minyak sawit dan mengetahui karakter hasil sulfonasi serta potensinya sebagai wetting agent. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia Fakultas MIPA Univeritas Negeri Malang. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu (1) karakterisasi minyak sawit (2) sulfonasi minyak sawit (3) analisis hasil sulfonasi minyak sawit dengan KLT (4) karakterisasi hasil sulfonasi minyak sawit (5) identifikasi gugus fungsi dengan FT-IR (6) uji penurunan tegangan permukaan (7) penentuan nilai HLB. 12288 12288 12288 12288 Sulfonasi minyak sawit dilakukan menggunakan asam sulfat pekat pada suhu 35 C selama 4 jam dan dinetralkan dengan NaOH 0 1 N. Hasil sulfonasi minyak sawit memiliki massa jenis sebesar 0 906 g/mL indeks bias sebesar 1 48157 bilangan penyabunan sebesar 140 89 mg KOH/ g minyak dan bilangan iod sebesar 12 70 g I2/ 100 g minyak. Hasil sulfonasi minyak sawit merupakan zat penurun tegangan permukaan dengan nilai HLB 8 98 sehingga berpotensi sebagai wetting agent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item