Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail

Ismail, Hasan (2018) Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismail, Hasan. 2018. Keefektifan Teknik Creative Problem-Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Sebagai Upaya Mencegah Bullying. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Dr. Dany M. Handarini, M. A (ii) Dr. H. Adi Atmoko, M. Si Kata kunci: creative problem-solving, keterampilan memecahkan masalah, siswa SMP Pada dasarnya manusia tidak terlepas dari masalah. Setiap permasalahan yang dialami memerlukan penyelesaian. Apabila individu rendah dalam keterampilan memecahkan masalah salah satu dampak yang muncul ke depan adalah tindakan bullying. Untuk bisa mencegah tindak bullying maka individu perlu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah. Keterampilan memecahkan masalah bisa ditingkatkan dengan salah satu teknik yakni teknik creative problem-solving. Teknik creative problem-solving merupakan teknik tahap berpikir untuk memunculkan suatu ide baru, menyintesis ide-ide sekaligus mengimplementasikan ide tersebut. Pengertian ide yang dimaksud adalah proses penyelesaian masalah. Kelebihan teknik creative problem solving adalah teknik ini memberikan kesempatan seluas-luasnya pada individu untuk berpendapat dalam memunculkan ide-ide, dengan mengakhirkan kritik maupun penilaian hingga ada keputusan final yang dibuat hingga diperoleh suatu solusi untuk pemecahan masalah. Fenomena tersebut ditunjang dengan adanya panduan untuk meningkatkan keterampilan dengan teknik creative problem-solving sebagai usaha mencegah bullying. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah the time series design. Pengumpulan data menggunakan skala keterampilan memecahkan masalah. Sampel ditentukan menggunakan sampling purposive. Subjek penelitian adalah siswa SMP yang berjumlah 14 siswa yang memiliki skor skala keterampilan memecahkan masalah rendah. Instrumen perlakuan dan penilaian diadaptasi dari hasil dan pengembangan Sukarno (2016). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametric uji beda Wilcoxon. Subjek penelitian setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan skor keterampilan memecahkan masalah. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan perbedaan selisih angka dari pre-tes ke post-test. Hasil analisis tersebut bermakna teknik creative problem-solving efektif untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai usaha mencegah bullying. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru BK untuk menggunakan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah karena sudah teruji keefektifan. Teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah digunakan sesuai dengan panduan dan prosedur yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item