Kemampuan isolat bakteri Actinobacillus sp. dalam mendegradasi p-kresol dan sunset yellow / Prita Olivia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan isolat bakteri Actinobacillus sp. dalam mendegradasi p-kresol dan sunset yellow / Prita Olivia Putri

Putri, Prita Olivia (2013) Kemampuan isolat bakteri Actinobacillus sp. dalam mendegradasi p-kresol dan sunset yellow / Prita Olivia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Prita Olivia. 2013. Kemampuan Isolat Bakteri Actinobacillus sp. Dalam Mendegradasi p-Kresol dan Sunset Yellow. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Subandi M.Si (II) Muntholib S.Pd. M.Si. Kata Kunci biodegradasi p-kresol biodegradasi sunset yellow Actinobacillus sp. 12288 12288 12288 p-Kresol merupakan nama trivial untuk p-metilfenol yang banyak digunakan dalam berbagai industri kimia. Senyawa ini termasuk dalam golongan senyawa berbahaya bagi tubuh karena bersifat karsinogenik dapat menyebabkan iritasi pada kulit kebutaan kerusakan pada membran mukosa hingga kematian. Sunset yellow merupakan senyawa azo yang banyak digunakan sebagai bahan pewarna sintetis makanan. Senyawa ini juga bersifat karsinogenik bila penggunaanya berlebihan. Salah satu bentuk penanggulangan pencemaran senyawa fenolik yang ramah lingkungan adalah bioremediasi. Salah satu sumber enzim untuk keperluan bioremediasi adalah isolat Actinobacillus sp. yang merupakan bakteri gram negatif hasil isolasi dari kefir grains yang terbukti mampu mendegradasi fenol hingga konsentrasi 8000 ppm. Tujuan penelitian adalah menguji kemampuan isolat Actinobacillus sp. baik fase pertumbuhan maupun fase stasioner dalam mendegradasi p-kresol dan sunset yellow. 12288 12288 12288 12288 Penelitian diawali dengan pembuatan kurva pertumbuhan isolat Actinobacillus sp. pada media NC untuk mendapatkan fase pertumbuhan dan fase stasioner. Sebelum dilakukan uji biodegradasi terhadap p-kresol dan sunset yellow terlebih dahulu dilakukan uji konfirmasi biodegradasi terhadap fenol. Uji biodegradasi dilakukan pada sampel p-kresol 40 ppm dan sunset yellow 70 ppm dalam media M9. Selama uji biodegradasi dilakukan pengukuran pertumbuhan bakteri dan pengukuran konsentrasi fenol p-kresol dan sunset yellow yang berturut-turut pada panjang gelombang 600 235 276 dan 482 nm. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat bakteri Actinobacillus sp. terbukti mampu mendegradasi fenol p-kresol dan sunset yellow. Inokulum Actinobacillus sp. fase pertumbuhan (umur 6 jam) lebih efektif dalam mendegradasi p-kresol (56 76%) dibandingkan inokulum fase stasioner (umur 20 jam) (36%). Sedangkan inokulum Actinobacillus sp. fase stasioner lebih efektif dalam mendegradasi sunset yellow (11 88%) dibandingkan inokulum fase pertumbuhan (2 02%). Analisis menggunakan spektrofotometer UV-Vis terhadap hasil degradasi menunjukkan adanya puncak-puncak serapan baru yang mengindikasikan terbentuknya senyawa baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item View Item